NOVIANTI, ANI RIZKI (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN METODE POLYA KELAS IV SD NEGERI LAMPER TENGAH 02 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019 /2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANI RIZKI NOVIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ANI RIZKI NOVIANTI. 15120427. ”Analisis Kemampuan Penalaran Siswa
Dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Metode Polya Kelas IV SD
Negeri Lamper Tengah 02 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2019. Dosen Pembimbing I Joko Sulianto, S.Pd.,
M.Pd, dan Dosen Pembimbing II Ari Widyaningrum, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa perlu memiliki
kemampuan penalaran yang baik, dan siswa perlu mengembangkan kemampuan
berpikir kritis. Dalam pembelajaran matematika kemampuan penalaran dalam
memecahkan masalah matematis sangat penting.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran matematika di
kelas IV SD Negeri Lamper Tengah 02 Kota Semarang, (2) Bagaimana
kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dengan
metode polya di kelas IV SD Negeri Lamper Tengah 02 Kota Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pembelajaran matematika
kelas IV SD Negeri Lamper Tengah 02 Kota Semarang, (2) Mengetahui
kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dengan
metode polya kelas IV SD Negeri Lamper Tengah 02 Kota Semarang.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif. Lokasi penelitian ini d SD Negeri Lamper Tengah 02 Kota Semarang.
Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi,
angket/kuesioner, tes penalaran dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran matematika sudah terlaksana dengan sangat baik dengan presentase
sebesar 78%. Kemampuan penalaran siswa masih rendah dengan perolehan
keseluruhan hasil tes 67,44%. Pada data klasfikasi penalaran matematis siswa
didapatkan presentase sebesar 72,79% pada aspek memahami pengertian, 28,60%
pada aspek berpikir logis, 60% pada aspek memahami contoh negatif, 66,97%
pada aspek berpikir deduksi, 24,41% pada aspek berpikir sistematis, 61,39% pada
aspek berpikir konsisten, 55,81% pada aspek menarik kesimpulan, 41,16% pada
aspek menentukan metode, 29,76% pada aspek membuat alasan, 21,39% pada
aspek menentukan strategi.
Saran yang dapat diberikan dalam skripsi ini adalah guru lebih
memperhatikan dan mengembangkan kemampuan penalaran siswa dalam
memecahkan masalah matematika selama proses pembelajaran.
Kata Kunci: penalaran matematis, pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:37 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 06:37 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7582 |