ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS V SD NEGERI JOMBLANG 02 SEMARANG

ROHANA, TITIN (2020) ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS V SD NEGERI JOMBLANG 02 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of TITIN ROHANA.pdf] Text
TITIN ROHANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

TITIN ROHANA, npm 16120094 “Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap
Prestai Siswa Kelas V SD Negeri Jomblang 02 Semarang”, Skripsi, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. pembimbing I Qoriati Mushafanah,
S.Pd., M.Pd dan pembimbing II Intan Rahmawati, S.Pd,. M.Pd. oktober, 2020.
Latarbelakang yang mendorong penelitian ini adalah prestasi siswa yang
dipengaruhi oleh pola asuh orang tua yang diterapkan di siswa kelas V SD Negeri
Jomblang 02 Semarang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah
“Bagaimanakah pola asuh orang tua terhadap prestasi siswa kelas V SD Negeri
Jomblang 02 Semarang?”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua terhadap prestasi siswa kelas V SD
Negeri Jomblang 02 Semarang.
Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan
deskriptif presentase. Subyek penelitian adalah siswa, orang tua dan guru kelas V
SD Negeri Jomblang 02 Semarang. Penelitian ini mengenai pola asuh orang tua
terhadap prestasi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa
observasi, angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian di SD Negeri Jomblang 02 Semarang peneliti
mendapatkan tiga pola asuh yang diterapakan oleh orang tua yaitu pola asuh
cenderung demokratis sebanyak 61%, pola asuh cenderung otoriter sebanyak
31%, dan pola asuh cenderung permisif yaitu 8%. Hasil prestasi belajar
menunjukan 6% siswa memiliki prestasi sangat baik, 69% siswa memiliki prestasi
baik, dan 25% siswa memiliki prestasi cukup baik. Disimpulkan bahwa terdapat
hubungan yang baik antara pola asuh orang tua dengan prestasi siswa.
Saran yang dapat disampaikan adalah siswa harus memiliki motivasi dan
semangat belajar yang tinggi agar mendapatkan prestasi yang baik dan cita-cita
yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:30
Last Modified: 18 Nov 2024 06:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7577

Actions (login required)

View Item
View Item