MUSLICHA, TITIN (2019) PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK DARUSSALAM SUBAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Titin Muslicha.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilam menulis pada
siswa kelas X SMK Darussalam Subah, khususnya keterampilan menulis teks
negosiasi. Melihat kondisi tersebut perlu diupayakan penerapan model
pembelajaran tertentu untuk memperbaiki keterampilan menulis teks negosiasi
pada peserta didik kelas X SMK Darussalam Subah. Model yang diterapkan
adalah model pembelajaran student facilitator and explaining.
Rumusan masalah penlitian ini adalah bagaimana penerapan model
student facilitator and explaining dalam pembelajaran menulis teks negosiasi
pada peserta didik kelas X SMK Darussalam Subah tahun pelajaran
2018/2019?.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
penerapan model student facilitator and explaining dalam pembelajaran menulis
teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMK Darussalam Subah tahun pelajaran
2018/2019.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMK
Darussalam Subah. Penentuan sampel dilakukan dengan cara menggunakan
teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara teknik
tes dan teknik nontes. Teknik tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah
berupa soal menulis teks negosiasi dengan memperhatikan isi, struktur, dan
kaidah kebahasaan. Teknik nontes diperoleh dengan cara observasi dengan
pengamatan langsung selama proses pembelajaran berlangsung, angket,
wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil teknik tes dan teknik nontes dalam penerapan model
student facilitator and explaining dalam pembelajaran menulis teks negosiasi
pada peserta didik kelas X TKJ-I SMK Darussalam Subah tahun pelajaran
2018/2019 membuat siswa tertarik, lebih aktif, percaya diri dan antusias dalam
pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil menulis teks negosiasi dan reaksi
siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung, yang terbukti dari nilai aspek-
aspek tersebut.
Saran dalam penelitian ini adalah guru perlu memilih dan memberikan
model pembelajaran tertentu yang tepat untuk diterapkan dalam pengajaran
Bahasa Indonesia agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Kata Kunci: penerapan, menulis teks negosiasi, model student facilitator and
explaining.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:28 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 06:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7573 |