PENGARUH BERMAIN PASIR TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 3 – 4 TAHUN DI KB FAJAR RACHMA

AZIZAH, TITIN (2020) PENGARUH BERMAIN PASIR TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 3 – 4 TAHUN DI KB FAJAR RACHMA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Titin Azizah.pdf] Text
Titin Azizah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

TITIN AZIZAH. NPM 15150060. “Pengaruh Bermain Pasir Terhadap
Kemampuan Sosial Anak Usia 3 – 4 Tahun”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang, 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemampuan
sosial anak usia 3 – 4 di lembaga KB Fajar Rachma. Hal tersebut disebabkan karena
anak kurang berinteraksi dengan teman sebayanya, belum bisa berbagi alat main dan
makanan, belum bisa menunggu atau menunda keinginan selama lima menit, belum
bisa memilih teman bermain dan belum meminta izin untuk meminjam mainan yang
sudah digunakan oleh temannya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) siswa belum bisa berbagi dengan
temannya. 2) siswa lebih pasif dehingga menimbulkan kurangnya berinteraksi dengan
teman sebanya. 3) siswa belum bisa memilih teman bermain. 3) siswa meminjam
mainan tanpa izin. 4) siswa belum bisa menunggu atau menunda keinginan selama
lima menit.
Jenis penelitian ini adalah peneletian kuantitatif dalam bentuk Quasi
Experimental Design dengan design penelitian The Noon Ekuivalen Pretest-Posttes
Design. Populasi penelitian ini adalah siswa usia 3 – 4 tahun KB Fajar Rachma
semester gasal. Sampel yang diambil sebanyak 30 siswa dengan pembagian dua
kelompok, kelompok Adam 15 siswa dan kelompok Nuh 15 siswa dengan
menggunakan teknik simpel random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui observasi dan dukumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa uji t diketahui thitung (15,82553755 >
1,701). Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa H0 ditolak. Dengan kata lain terdapat
pengaruh yang signifikan bermain pasir terhadap kemampuan sosial anak usia 3 – 4
tahun di KB Fajar Rachma Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran sebagai
kegiatan main untuk meningkatkan kemampuan sosial anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:26
Last Modified: 18 Nov 2024 06:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7572

Actions (login required)

View Item
View Item