PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG

DAMAYANTI, ANGGUN PRASTIKA (2020) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANGGUN PRASTIKA DAMAYANTI.pdf] Text
ANGGUN PRASTIKA DAMAYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anggun Prastika Damayanti. NPM 15110044: “Pengaruh Interaksi
Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 15
Semarang” Skripsi.Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan.
Universitas
PGRI
Semarang.
Pembimbing
I
Dr.Yovitha
Yuliejantiningsih, M.Pd pembimbing II Desi Maulia, S.Psi.,M.Psi., Psikolog.
2020.
Penelitian pengaruh interaksi sosial teman sebaya terhadap motivasi
belajar siswa kelas VIII SMP N 15 Semarang ini dilatar belakangi banyaknya
siswa yang mengalami masalah interaksi sosial teman sebaya. Jenis penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII SMP N 15 Semarang dengan jumlah 288 siswa. Kelas VIII B adalah
kelas yang digunakan untuk tryout. Sampel dalam penelitian ini yaitu 74 siswa
yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Alat pengumpulan data
yang dipergunakan adalah skala interaksi sosial teman sebaya dan motivasi
belajar.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpilan sebagai berikut: (1)
bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi sosial teman
sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Semarang. Hal
ini dibuktikan dengan nilai thitung ˃ ttabel yaitu 254 ˃ 235 dengan nilai signifikan
5% (0,000 ˂ 0,05). Besarnya determinan sebesar 0,064 yang berarti bahwa
sebesar 0,64% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh interaksi sosial teman
sebaya, sedangkan sisanya dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Saran bagi guru pembimbing hendaknya dapat menungkatkan dan
memanfaatkan kegiatan dengan berbagai layanan dan metode yang ada dalam
bimbingan dan konseling untuk membantu siswa dalam meningkatkan interaksi
sosial teman sebaya dan motivasi belajar.
Kata kunci: Interaksi Sosial Teman Sebaya, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:26
Last Modified: 18 Nov 2024 06:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7570

Actions (login required)

View Item
View Item