Sodikin, Mohammad (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN KEJUJURAN PADA PAUD IT INSAN MULIA KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Mohammad Sodikin.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Mohammad Sodikin. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius dan
Kejujuran
pada
PAUD
IT
Insan
Mulia
Kajen
Kabupaten
Pekalongan”.Supervisor tesis (1)Prof. Dr. Sunandar, M.Pd , (2) Dr. Noor
Miyono, M.Si
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah Pelaksanaan Manajemen
pendidikan karakter pada fungsi perencanaan dan penggerakan? (2) Strategi yang
digunakan dalam pendidikan karakter religius dan kejujuran di PAUD IT Insan
Mulia Kabupaten Pekalongan? (3) Dampak yang terjadi dari pendidikan karakter
tersebut yang dilaksanakan di PAUD IT Insan Mulia Kabupaten Pekalongan?
Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, prosedur
pengumpulan data adalah : (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Teknik
analisis data dengan langkah-langkah: (1) reduksi data, (2) penyajian atau display
data dan (3) pengambilan kesimpulan.Teknik pengecekan keabsahan data
dilakukan dengan: (1) Uji Kredibilitas,(2) Uji Transferability, (3) Uji
Dependability, (4) Uji Konfirmability.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan, sebagai
berikut: (1) Perencanaan dilaksanakan diawal sebelum memulai kegiatan
pembelajaran tahun ajaran baru, di mana Kepala Sekolah beserta para guru terlibat
untuk merumuskan hal-hal yang akan diterapkan selama satu tahun pelajaran ke
depan (2) Pengorganisasian dikelola secara bersama yang dipimpin oleh Kepala
Sekolah dengan melibatkan semua guru yang ada di lembaga pendidikan anak
usia dini (PAUD) Insan Mulia Kajen dalam mengelola manajemen pendidikan
karakter agar mampu berjalan dengan optimal. (3) Pelaksanaan pendidikan
karakter diterapkan secara integrasi melalui kegiatan pembelajaran atau
pembiasaan sehari-hari yang dilakukan oleh guru selaku pendidik kepada anak-
anak didik, dengan metode keteladanan yang bisa diikuti oleh anak didik dengan
penuh kesadaran. (4) Pengawasan dilaksanakan secara periodik dan terukur pada
kegiatan pembelajaran tahun ajaran baru, di mana Kepala Sekolah beserta para
guru terlibat secara dalam proses pengawasan dan evaluasi dari pengembangan
pendidikan karakter di PAUD IT Insan Mulian Kajen, (5) Nilai-nilai karakter
dikembangkan melalui kegiatan ibadah dan keteladanan serta pendidik, (6) Faktor
yang berpengaruh bagi pendidikan karakter anak adalah dalam diri anak dan
kondisi di luar anak berupa bimbingan dan perhatian guru, (7) Dampak
manajemen pendidikan karakter religious dan kejujuran adalah pegembangan
kepribadian anak di PAUD IT Insan Mulia Kajen.
.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter Religius dan Kejujuran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:27 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 06:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7569 |