ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI SENDANGMULYO 01 SEMARANG

ANGGRAENI, TINA (2019) ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI SENDANGMULYO 01 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Tina Anggraeni.pdf] Text
Tina Anggraeni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

TINA ANGGRAENI NPM 15120381 “Analisis Pelaksanaan Program
Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri Sendangmulyo 01 Semarang”.
Skripsi. Pembimbing I Ibu Dr. Iin Purnamasari, M.Pd. Pembimbing II Ibu
Veryliana Purnamasari, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Konteks penelitian ini adalah pelaksanaan penguatan pendidikan karakter
dan masih rendahnya nilai karakter diantaranya kurangnya kesadaran akan
kebersihan, kurangnya nilai kejujuran dalam mengerjakan soal pembelajaran,
kurangnya kedisiplinan saat akan berangkat sekolah yang mengakibatkan
terlambatnya peserta didik serta dalam pembelajaran peserta didik belum
menunjukkan terbentuknya karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong -royong
dan integritas yang diharapkan oleh sekolah.
Permasalahan dalam penelitian adalah “Bagaimana pelaksanaan Penguatan
Pendidikan Karakter di SD Negeri Sendangmulyo 01 Semarang ?”
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui
informasi serta gambaran yang akurat sejauh mana pelaksanaan program
penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Sendangmulyo 01 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data
penelitian menggunakan Miles dan Hubbermen. Data penelitian ini diperoleh
melalui subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan 18 peserta didik yang
terdiri dari kelas I-VI masing-masing 3 peserta didik setiap kelas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program penguatan
pendidikan karakter di SD Negeri Sendangmulyo 01 Semarang sudah berjalan
secara baik. Hal ini dapat dilihat dari terintegrasinya nilai-nilai karakter peserta
didik pada saat pembelajaran dan kegiatan sehari-hari. Kepala sekolah dan guru
sudah melaksanakan hal-hal yang dapat meningkatkan dan membentuk karakter
peserta didik menjadi lebih baik melalui kegiatan pembiasaan, yaitu kegiatan apel
pagi dan pembiasaan sholat dzuhur serta kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler yang
dapat mendukung proses pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di sekolah.
Selain itu dengan adanya budaya sekolah yaitu memiliki tema di setiap kelas
membuat SD Negeri Sendangmulyo 01 Semarang berbeda dengan sekolah dasar
yang lain.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan adalah perlu
adanya kerja sama antar warga sekolah untuk lebih meningkatkan pelaksanaan
penguatan pendidikan karakter melalui program-program yang dicanangkan oleh
kepala sekolah. Selain itu guru dapat menjadi fasilitator bagi peserta didik untuk
lebih membentuk dan mengembangkan karakternya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:23
Last Modified: 18 Nov 2024 06:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7567

Actions (login required)

View Item
View Item