KEEFEKTIFAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENTS BERBANTU MEDIA KOPER KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH 01 KANDANGPANJANG PEKALONGAN

WICAKSONO, FIRMAN ARDI (2020) KEEFEKTIFAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENTS BERBANTU MEDIA KOPER KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH 01 KANDANGPANJANG PEKALONGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Firman Ardi W.pdf] Text
Firman Ardi W.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FIRMAN ARDI WICAKSONO. NPM 16120371. “Keefektifan Model
Team Games Tournaments Berbantu Media Koper Kata Terhadap Kemampuan
Membaca Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah 01 Kandangpanjang Pekalongan”.
SKRIPSI. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum. Singgih
Adhi Prasetyo, S.Sn., M.Pd.
Latar belakang pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan
membaca menjadikan hasil belajar siswa rendah tidak sesuai dengan KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70. Hal itu dikarenakan guru masih
menggunakan model konvensional, guru menggunakan model yang kurang
inovatif, serta siswa kurang aktif dalam pembelajaran.
Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah model team games
tournaments berbantu media koper kata efektif terhadap kemampuan membaca
siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 01 Kandangpanjang Pekalongan. Tujuan
penelitian yaitu untuk mengetahui apakah model team games tournaments
berbantu media koper kata efektif terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1
SD Muhammadiyah 01 Kandangpanjang Pekalongan.
Jenis penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan metode
penelitian pre-experimental design dengan desain one-group pretest-posttest.
Populasi pada penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas 1 SD Muhammaiyah 01
Kandangpanjang Pekalongan. Data diperoleh melalui wawancara,observasi,tes,
dokumentasi,dan daring.
Berdasarkan analisis akhir menunjukan adanya keefektifan model team
games tournamnets berbantu media koper kata terhadap kemampuan membaca
siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 01 Kandangpanjang Pekalongan. Hal itu
dibukikan dengan sebanyak 7,959 dan sebanyak 1,729 maka
> sehingga ditolak dan diterima. Pengujian tersebut diambil
melalui nilai pretest-postest.
Simpulan dari penelitisn ini adalah adanya keefektifan model team games
tournamnets berbantu media koper kata terhadap kemampuan membaca siswa
kelas 1 Sd Muhammadiyah 01 Kandangpanjang Pekalongan. Saran yang dapat
disampaikan adalah dengan adanya model team games tournaments berbantu
media koper kata dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi guru dalam upaya
meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Kata Kunci : Model Team Games Tournaments, Media Koper Kata, dan
Kemampuan membaca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:23
Last Modified: 18 Nov 2024 06:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7566

Actions (login required)

View Item
View Item