CITRA, TIKA FITANA (2019) ANALISIS PENANAMAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS I MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN DENGAN METODE BERCERITA DI SD NEGERI KARANGSUMBER 02 KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Tika Fitana Citra.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
TIKA FITANA CITRA. NPM 151520181. “Analisis Penanaman Nilai Karakter
Siswa Kelas I Menggunakan Media Boneka Tangan dengan Metode Bercerita di
SD Negeri Karangsumber 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati”. Skripsi
Program Studi Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Ikha Lestyarini, S.Pd., M.Hum. Pembimbing II Aries
Tika Damayani, S.Pd., M.Pd. 2019.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya kendala yang dialami oleh
guru dalam menanamkan nilai karakter di kelas I dengan media dan metode yang
sesuai dengan tingkat usia anak.
Bagaimana proses penanaman nilai karakter pada siswa kelas I
menggunakan media boneka tangan dengan metode bercerita di SD Negeri
Karangsumber 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati?. Tujuan penelitian ini
yaitu mendeskripsikan proses penanaman nilai karakter pada siswa kelas I
menggunakan media boneka tangan dengan metode bercerita di SD Negeri
Karangsumber 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati.
Jenis penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Objek penelitian adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri Karangsumber 02
Kecamatan Winong Kabupaten Pati yang berjumlah 15 siswa. Data penelitian
diperoleh melalui teknik observasi, penggunaan angket, dan wawancara.
Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan penggunaan angket bahwa
penanaman nilai karakter pada siswa sangatlah penting. Dalam penanaman nilai
karakter dapat menggunakan media dan metode yang sesuai dengan kondisi siswa
dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. Media boneka tangan dengan
metode bercerita dapat digunakan untuk penanaman nilai karakter di kelas I.
Dengan menanamkan nilai karakter menggunakan media boneka tangan dan
metode berceita siswa akan lebih memahami apa yang disampaikan oleh guru.
Berdasarkan hasil penelitian selanjutnya dapat disampaikan saran
kepada pihak-pihak sekolah yang terlibat (guru, orang tua, dan bagi siswa) untuk
lebih dapat mengoptimalkan dalam penanaman nilai karakter guna membentuk
karakter positif pada siswa dan siswa dapat meneladani nilai karakter dalam
kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:21 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 06:21 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7564 |