KURNIA, FIRDAUSIA ANDIN (2020) PENERAPAN METODE FIELD TRIP DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X MA NU 03 SUNAN KATONG KALIWUNGU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
firdausia.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Firdausia Andin Kurnia. NPM 15410062. “Penerapan Metode Field Trip
dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi pada Peserta Didik Kelas X MA
NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I, Drs
Suyoto, M.Pd. Pembimbing II, R. Yusuf Sidiq Budiawan, S.Pd., M.A. November
2019.
Kata kunci: Penerapan, Metode Field Trip, dan Keterampilan Menulis Puisi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik kelas X MA NU
03 Sunan Katong Kaliwungu dalam memperoleh ide dan gagasan dan
menuangkan ide tersebut dalam bentuk puisi. Melihat kondisi tersebut, perlu
diupayakan metode field trip dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode
field trip dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas
X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2018/2019. Adapun
tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode field trip dalam
pembelajaran keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas X MA NU 03
Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2018/2019.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Populasi dalam menelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MA NU 03
Sunan Katong Kaliwungu, dengan sampel peserta didik kelas X MIPA 2
berjumlah 35. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
tes dan nontes. Tes yang digunakan adalah tes berupa membuat karangan puisi
berkaitan dengan apa yang ada dalam lingkungan sekolah. Teknik nontes berupa
angket, observasi pembelajaran, wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa
Indonesia MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di MA NU 03 Sunan
Katong Kaliwungu, metode field trip dapat diterapkan pembelajaran keterampilan
menulis puisi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata 83
dari KKM sekolah 75. Didukung juga dengan hasil wawancara dengan guru mata
pelajaran bahasa Indonesia MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu, beliau
menyampaikan bahwa metode ini sesuai diterapkan dalam pembelajaran
keterampilan menulis puisi. Berdasarkan hasil angket metode field trip juga
membantu peserta didik dalam memperoleh ide dan gagasan, sehingga mampu
meningkatkan kemampuan menulis puisi. Berdasarkan hasil angket metode ini
merupakan bentuk proses pembelajaran baru yang mampu memotivasi peserta
didik, sehingga peserta didik merasa senang dan tidak merasa bosan pada saat
melakukan proses pembelajaran.
Saran yang penulis dapat sampaikan adalah dalam proses pembelajaran
guru harus memperhatikan penerapan metode pembelajaran yang tepat sehingga
tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Metode field trip sangat
disarankan dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi karena dengan metode
ini peserta didik dapat mengamati objek secara langsung. Selain itu, metode ini
dapat menimbulkan sikap peduli terhadap lingkungan sekitar. Ketika
pembelajaran
berlangsung
peserta
didik
disarankan
untuk
fokus
dan
memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan materi pembelajaran sehingga
ix
ketika mnedpatkan tugas, peserta didik dapat mengerjakan tugas tersebut dengan
baik dan mendapatkan hasil yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:21 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 06:21 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7563 |