ANALISIS PENATAAN LINGKUNGAN MAIN INDOOR YANG MENDUKUNG KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PUSAT UNGGULAN PAUD TAMAN BELIA CANDI SEMARANG

ZEIN, SALMA AZZAH AZAHRA (2020) ANALISIS PENATAAN LINGKUNGAN MAIN INDOOR YANG MENDUKUNG KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PUSAT UNGGULAN PAUD TAMAN BELIA CANDI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FINAL SALMA 16150018.pdf] Text
FINAL SALMA 16150018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salma Azzah Azahra Zein. NPM 16150018. “Analisis Penataan Lingkungan
Main Indoor Yang Mendukung Kemampuan Problem Solving Pada Anak Usia 5-
6 Tahun Di Pusat Unggulan PAUD Taman Belia Candi Semarang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan problem solving pada anak. Hal tersebut dikarenakan kurangnya
pengelolaan lingkungan main yang maksimal yang dilakukan pendidik dalam
mengoptimalkan kemampuan problem solving pada anak.
Fokus dalam penelitian ini adalah menganalisis perencanaan penataan
lingkungan main yang dapat mendukung kemampuan problem solving pada anak
usia 5-6 tahun dan pelaksanaan pembelajaran dengan penatan lingkungan main
yang memunculkan kemampuan problem solving pada anak usia 5-6 tahun.
Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan
pendekatan pospositivisme. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah
dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini membahas
mengenai analisis penataan lingkungan main indoor yang mendukung
kemampuan problem solving pada anak usia 5-6 tahun.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah anak
usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui penataan lingkungan main yang
sedemikian rupa yang ada di Pusat Unggulan PAUD Taman Belia Candi
Semarang. Supaya anak mencapai perkembangan yang maksimal pada aspek
perkembangan kognitif lingkup perkembangan pemecahan masalah, maka
diperlukan penataan lingkungan yang merangsang atau mengundang anak
(inviniting classroom), memfasilitasi multi sensori anak serta memberi
kesempatan beraktifitas bagi anak.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya pada setiap proses pembelajaran, guru dapat menambah ilmu dan
keterampilannya dalam melakukan penataan lingkungan belajar indoor melalui
berbagai sumber agar ruangan sentra yang ditata dalam keadaan optimal untuk
dilakukannya proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:17
Last Modified: 18 Nov 2024 06:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7558

Actions (login required)

View Item
View Item