EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SUB TEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAAN KELAS IV SD N TAMANSARI 2 MRANGGEN DEMAK

NOVIYANTI, ANGGITA NUROHMAH (2019) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SUB TEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAAN KELAS IV SD N TAMANSARI 2 MRANGGEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANGGITA NUROHMAH NOVIYANTI.pdf] Text
ANGGITA NUROHMAH NOVIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ANGGITA NUROHMAH NOVIYANTI. ���������������������������
Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Minat Belajar Siswa Sub
Tema Bersyukur Atas Keberagamaan Kelas IV SD N Tamansari 2 Mranggen
Demak�. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Ferina Agustini, S.Pd.,
pembimbing II Ari Widyaningrum, S.Pd., M.Pd. 2019.
Minat belajar siswa belum tercapai terhadap pembelajaran ditandai
kurangnya semangat, perhatian, ketekunan dan partisipasi aktif siswa dalam
proses pembelajaran. Kurangnya minat belajar siswa dapat berpengaruh terhadap
hasil belajar siswa yang menjadi kurang optimal. Hal ini terbukti dengan masih
rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada semester II Tahun Pelajaran
2019/2020 dengan hasil 5 dari 12 siswa yang mencapai KKM 70. Atau bisa
dikatakan 40% yang sudah tuntas dan siswa yang tidak mencapai KKM 60%. Hal
ini terbukti dari hasil wawancara dengan guru yang menyatakan minat siswa
masih rendah.
������������� ������ ����������� ���� ������� �������������� �������itas model
pembelajaran Snowball Throwing terhadap minat belajar siswa kelas IV SD N
���������� �� ��������� �������� ����������� ���� ���������� ������ �������������
minat belajar siswa sub tema bersyukur atas keberagamaan dengan menggunakan
model pembelajaran Snowball Throwing.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Subjek
yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SD N Tamansari 2 Mranggen
Demak yang berjumlah 12 dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan angket akhir minat belajar sesudah perlakuan
lebih tinggi yaitu 80,08 dibandingkan angket awal minat belajar sebesar 66,25.
Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t dimana jumlah ��������(7,717) >
��������������. Sehingga hasil minat belajar siswa kelas IV SD N Tamansari 2
Mranggen mengalami peningkatan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan pembelajaran
dengan menggunakan Snowball Throwing menjadikan siswa aktif dalam
pembelajaran sehingga dapat menumbuhkan pola pikir siswa yang kreatif dan
kritis dalam menemukan ide, serta dapat memotivasi siswa untuk semangat
belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:16
Last Modified: 18 Nov 2024 06:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7556

Actions (login required)

View Item
View Item