ANALISIS KESALAHAN EJAAN BAHASA INDONESIA DALAM TEKS BERITA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS MUALLIMIN MUALLIMAT REMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020

PRASETYA, FIKRI DIAN (2020) ANALISIS KESALAHAN EJAAN BAHASA INDONESIA DALAM TEKS BERITA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS MUALLIMIN MUALLIMAT REMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FIKRI DIAN PRASETYA.pdf] Text
FIKRI DIAN PRASETYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fikri Dian Prasetya. NPM 15410275. Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa
Indoneisa dalam Teks Berita Peserta Didik Kelas VIII Mts Muallimin Muallimat
Rembang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I H. Nanik Setyawati, S.S., M.Hum.,
dan Pembimbing II Larasati, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik di sekolah sering kali
melakukan kesalahan dalam penulisan ejaan. Bentuk kesalahan tersebut seperti
pada penulisan huruf kapital, penulisan huruf miring, penulisan kata, dan
penulisan tanda baca. Penelitian mengenai analisis kesalahan ejaan belum pernah
dilakukan di sekolah tersebut. Jika masalah tersebut dibiarkan akan menjadi
masalah yang serius dan berkelanjutan terhadap tataran kebahasaan lainnya.
Menyikapi masalah tersebut perlu adanya tindak lanjut mengenai analisis
kesalahan ejaan dalam keterampilan menulis peserta didik Mts Muallimin
Muallimat Rembang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah wujud
kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada teks berita peserta didik kelas
VIII Mts Muallimin Muallimat Rembang tahun ajaran 2019/2020. Adapun tujuan
penelitian ini mendeskripsikan kesalahan ejaan bahasa Indonesia pada teks berita
peserta didik kelas VIII Mts Muallimin Muallimat Rembang tahun ajaran
2019/2020.
Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan deskriptif, karena data yang dikumpulkan dan
ditafsirkan tidak menggunakan rumus-rumus statistik, melainkan berupa deskripsi
data dan kesalahan ejaan dalam bentuk kata-kata maupun kalimat pada hasil
menulis teks berita peserta didik dan dilanjutkan dengan mengelompokkan
kesalahan ejaan dalam tabel untuk menjumlahkan maupun mempersentasekan.
Berdasarkan analisis data, ditemukan kasus kesalahan ejaan yang paling
banyak dilakukan oleh peserta didik kelas VIII Mts Muallimin Muallimat
Rembang tahun pelajaran 2019/2020 dalam menuliskan teks berita adalah
penulisan huruf kapital sebanyak 246 atau 43%. Kesalahan penulisan huruf miring
pada teks berita yang ditulis peserta didik ditemukan t kesalahan atau 1%.
Kesalahan penulisan kata pada teks berita yang ditulis peserta didik ditemukan
sebanyak 197 kesalahan atau 34% yang meliputi kesalahan penulisan preposisi di,
ke, dan dari sebanyak 88 kesalahan dan penulisan singkatn sebanyak 109
kesalahan. Kesalahan penulisan tanda baca pada teks berita yang ditulis peserta
didik ditemukan 124 kesalahan atau 22% yang meliputi kesalahan penulisan tanda
titik (.) sebanyak 63 kesalahan, kesalahan pemakaian tanda koma (,) sebanyak 16
kesalahan, dan kesalahan pemakaian tanda hubung (-) sebanyak 45 kesalahan.
Saran yang penulis sampaikan adalah guru-guru, perlu ada penanganan
yang serius terhadap peserta didik dalam memahami penulisan ejaan agar peserta
didik mengerti jenis dan penulisan ejaan dan mampu memproduksi teks dengan
baik untuk memenuhi tuntutan kurikulum bahasa Indonesia yang berbasis teks.
Kata Kunci: ejaan, teks berita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:12
Last Modified: 18 Nov 2024 06:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7550

Actions (login required)

View Item
View Item