ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN PADA KELAS IV SD NEGERI MANYARAN 02 SEMARANG

PRAMESTI, TIA (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN PADA KELAS IV SD NEGERI MANYARAN 02 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of TIA PRAMESTI (16120391).pdf] Text
TIA PRAMESTI (16120391).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

TIA PRAMESTI. NPM 16120391. “Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan
Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Pada Kelas
IV SD Negeri Manyaran 02 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Univeristas PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil
belajar siswa pada materi pecahan saat mengerjakan soal cerita. hal ini disebabkan
karena siswa tidak memahami maksud soal dan merasa kesulitan sehingga
menyebabkan kesalahan-kesalahan saat mengerjakan soal cerita.
Fokus penelitian ini adalah (1) Apa sajakah jenis kesalahan yang
dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Pecahan berdasarkan
prosedur Newman?, (2) Apakah penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita materi pecahan berdasarkan prosedur Newman?. Tujuan
yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui jenis
kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Pecahan
berdasarkan prosedur Newman, (2) untuk mengetahui penyebab terjadinya
kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan berdasarkan
prosedur Newman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di
SD Negeri 02 Manyaran Semarang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil analisis menunjukan bahwa subjek penelitian mengalami kesalahan
pada masing-masing butir soal dengan berbagai jenis kesalahan yakni kesalahan
membaca tidak terjadi sama sekali dengan presentase 0%, kesalahan memahami
masalah sebanyak 9 kali dengan presentase 30%, kesalahan transformasi masalah
sebanyak 7 kali denagn presentase 23,34%, kesalaahan keterampilan proses
sebanyak 10 kali dengan presentase 36,66%, dan kesalahan penulisan jawaban
akhir sebnayak 4 kali dengan presentase 2,64%. Terdapat beberapa penyebab
terjadinya kesalahan yaitu kebingungan cara menyelesaikan soal, tidak memahami
maksud soal, tidak memahami konsep pecahan dan tidak teliti dalam
menyelesaikan soal.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan adalah
sebaiknya ditambah dengan solusi meminimalisir kesalahan yang terjadi dan guru
harus membiasakan siswa untuk berlatih mengerjakan soal-soal bentuk cerita agar
siswa terbiasa mengerjakannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:47
Last Modified: 18 Nov 2024 04:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7545

Actions (login required)

View Item
View Item