WAHYUDIN, MOHAMMAD (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI PADA SISWA KELAS X MA NU 2 SERANGAN BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
MOHAMAD WAHYUDIN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Mohammad Wahyudin. NPM 14410034. “Penerapan Model Problem
Based Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Puisi pada
Siswa Kelas X MA NU 2 Seangan Bonang Demak Tahun Pelajaran 2018/2019”.
Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Drs. Suyoto, M.Pd. dan pembimbing II Muhajir, S.Pd., M.Hum.
Oktober 2019
Kata Kunci : Penerapan Model Problem Based Learning, Menulis Teks Puisi
Penelitian ini dilatar belakangi siswa kurang antusias serta memiliki
kesempatan untuk berinovasi dalam pembelajaran utamanya Menulis Teks Puisi.
Dengan kondisi tersebut, perlu diupayakan penerapan model yang tepat untuk
meningkatkan inovasi siswa, kreatifitas, ide, gagasan, dan antusiasme siswa.
Model yang digunakan adalah Model Problem Based Learning.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
Model Problem Based Learning dalam pembelajaran keterampilan menulis teks
puisi pada siswa kelas X MA NU 2 Serangan Bonang Demak pada tahun
pelajaran 2018/2019? dan Bagaimana hasil penerapan model Problem Bassed
Learning dalam pembelajaran keterampilan menulis teks puisi pada siswa kelas X
MA NU 2 Serangan Bonang Demak tahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan Model Problem Based Learning
dalam pembelajaran keterampilan menulis teks puisi pada siswa kelas X MA NU
2 Serangan Bonang Demak pada tahun pelajaran 2018/2019 dan Mendiskripsikan
hasil belajar siswa dengan penerapan model Problem Based Learning dalam
pembelajaran keterampilan menulis teks puisi pada siswa kelas X MA NU 2
Serangan Bonang Demak tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, yang berupa
deskripsi narasi bukan angka-angka. Metode penelitian kualitatif dangan
pendekatan deskriptif yaitu data yang bersifat deskriptif sehingga data yang
terkumpul berbentuk teks puisi dengan kesesuaian struktur fisik yang diantaranya
terdapat diksi, terdapat kata kongkrit, terdapat imajinasi, dan terdapat ritma dan
ritme. Serta kesesuaian dengan struktur batin diantaranya terdapat tema, terdapat
suasana, dan terdapat makna. Teknik nontes terdiri atas angket, dan observasi.
Hasil penelitian yang dilaksanakan di MA NU 2 Serangan Bonang Demak
tahun pelajaran 2018/2019 menggunakan Model Problem Based Learning
pembelajaran keterampilan menulis teks puisi siswa diberi tayangan video puisi
dan sebuah teks puisi. Dari video yang ditampilkan tersebut siswa mendapatkan
inspirasi dan motivasi dalam pembuatan teks puisi, setelah selesai kemudian
siswa mempraktekkan untuk membacakan puisi yang dibuat. Hasilnya siswa lebih
baik dalam menuangkan ide, gagasan, pikiran sehingga siswa semakin kreatif
dalam menulis teks puisi. Selain itu siswa juga merasa lebih termotivasi,
bersemangat, dan senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Saran guru harus menyiapkan banyak topik yang berhubungan dengan
kehidupan sehari-hari siswa atau peristiwa yang sedang hangat dibicarakan siswa,
agar pembelajaran lebih mudah dipahami. Untuk peneliti pada saat melakukan
penelitian lebih baik sebelumnya mengamati kondisi siswa dan situasi kelas agar
peneliti lebih menguasai kekuragan dan kelebihan siswa untuk mendukung
jalannya kegiatan belajar mengajar dikelas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 04:48 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 04:48 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7544 |