EKSPRESI SENI GAMBAR ANAK KELAS V SD NEGERI 03 BANJAREJO KABUPATEN BLORA

Prasetyo, Teguh Arif (2019) EKSPRESI SENI GAMBAR ANAK KELAS V SD NEGERI 03 BANJAREJO KABUPATEN BLORA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Teguh Arif Prasetyo.pdf] Text
Teguh Arif Prasetyo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

TEGUH ARIF PRASETYO. NPM 1520203. “ Ekspresi Seni gambar Kelas
V SD Negeri 03 Banjarejo Kabupaten Blora“. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Khusnul Fajriyah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Fajar Cahyadi,
S.Pd.,M.Pd. November 2019
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah karena kegiatan
pembelajaran seni budaya dan ketrampilan di SD Negeri 03 Banjarejo yang kurang
mengembangkan kreativitas siswa khususnya menggambar. Pada kegiatan
menggambar, siswa hanya disuruh menggambar bebas dengan tema yang selalu sama
dari tahun ke tahun. Dengan demikian siswa kurang mendapatkan sarana untuk
mengembangkan kreativitasnya.
Fokus penelitian dalam bagaimana hasil karya siswa dalam membuat karya
seni menggambar pada saat mengikuti pembelajaran seni rupa di SD Negeri 03
Banjarejo kabupaten Blora? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan
ekspresi kreativitas seni menggambar pada pembelajaran seni rupa dari hasil karya
siswa SD Negeri 03 Banjarejo kabupaten Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Tempat yang dipilih dalam
penelitian ini adalah SD Negeri 3 Banjarejo. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui observasi, wawancara, dokumentasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Setting penelitian adalah SD
Negeri 03 Banjarejo. Sumber data adalah kepala sekolah , guru dan siswa. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil
penilian karya siswa.
hasil yang diperoleh siswa pada pembelajaran menggambar tergolong baik.
Selama dua kali dilakukan pengamatan terfokus diperoleh karya sebanyak 84 karya,
dengan rincian 20 karya pada pengamatan terfokus 1 dan 21 karya pada pengamatan
terfokus 2. Rata-rata nilai yang diperoleh pada pengamatan terfokus 1 dan 2 adalah
71,5 dengan kategori baik. dapat disimpulkan bahwa kualitas visual karya siswa
mengalami peningkatan. Hasil karya yang telah dibuat siswa dapat menunjukkan
bahwa kegiatan menggambar Ekpresi kreatifitas siswa dapat meningkatkan
kreatifitas dan daya imajinasi siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah Dengan
demikian peneliti memberi saran agar pendidik harus menentukan media berkarya
yang sama pada semua siswa. Hal ini agar siswa mendapat peluang yang sama untuk
memperoleh hasil karya yang baik dan menyarankan agar pendidik sering
memperlihatkan contoh - contoh karya seni rupa untuk menambah referensi siswa
serta menambah pengalaman estetis siswa. Sehingga ketika berkarya siswa sudah
mempunyai banyak pandangan tentang ide dan gagasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:29
Last Modified: 18 Nov 2024 04:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7533

Actions (login required)

View Item
View Item