PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA MENGEJA BERBASIS APLIKASI UNTUK KELAS 1 SEKOLAH DASAR

WIDYOWATI, FERTY TRI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA MENGEJA BERBASIS APLIKASI UNTUK KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FERTY TRI WIDYOWATI.pdf] Text
FERTY TRI WIDYOWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Ferty Tri Widyowati. NPM 16120414. “Pengembangan Media
Pembelajaran Membaca Mengeja Berbasis Aplikasi Untuk Kelas 1 Sekolah
Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2020. Dosen Pembimbing I:
Intan Rahmawati, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Wawan Priyanto,
S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah ditemukan siswa
kelas satu yang belum mampu membaca dengan lancar, dikarenakan belum
adanya media pembelajaran yang mengajarkan membaca secara bertahap dan
tahan lama. Sehingga siswa yang belum mampu membaca tidak bisa
menggulang pembelajaran membaca secara menyeluruh.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana karakteristik
media pembelajaran membaca mengeja berbasis aplikasi untuk kelas 1
sekolah dasar ? dan Bagaimana kevalidan dan kepraktisan media
pembelajaran membaca mengeja berbasis aplikasi untuk kelas 1 sekolah dasar
?. Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan karakteristik media
pembelajaran Membaca Mengeja berbasis Aplikasi untuk siswa yang belum
mampu membaca dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan Media
Pembelajaran Membaca Mengeja berbasis Aplikasi untuk kelas 1 Sekolah
Dasar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan
atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model
pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan
Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian validasi ahli
materi, ahli media pembelajaran, angket respon guru dan angket respon siswa
serta angket kebutuhan guru.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa angket ahli materi dan ahli
media pembelajaran adalah 93,43% dengan kategori “ sangat baik”. Hasil
analisis angket respon guru adalah 96,6% dengan kategori “sangat baik”.
Hasil analisi angket respon siswa adalah 99,46% dengan ketegori “sangat
baik”.
Kesimpulannya bahwa pengembangan media pembelajaran membaca
mengeja berbasis aplikasi untuk kelas I sekolah dasar layak digunakan pada
pembelajaran. Saran yang dapat disampaikan adalah media pembelajaran
membaca mengeja berbasis aplikasi dapat digunakan guru dan siswa untuk
salah satu alternatif media pembelajaran membaca.
Kata kunci: Pengembangan Media, Membaca Mengeja, Aplikasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:29
Last Modified: 18 Nov 2024 04:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7532

Actions (login required)

View Item
View Item