PESAN MORAL FILM ANIMASI ADIT DAN SOPO JARWO (PENANAMAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 11 SEMARANG)

SUSILO, TEGGOEH (2019) PESAN MORAL FILM ANIMASI ADIT DAN SOPO JARWO (PENANAMAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 11 SEMARANG). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Teggoeh.pdf] Text
Teggoeh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Teggoeh Susilo. NPM 15120283 Pesan Moral Film Animasi Adit dan Sopo
Jarwo (Penanaman Nilai karakter siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 11
Semarang). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI
Semarang.
Konteks penelitian ini adalah penanaman karakter anak sejak dini akan
mewujudkan penerus bangsa yang kuat dan unggul sehingga dapat meningkatkan
daya saing Indonesia lebih maju dan bermartabat dimasa mendatang. Pendidikan
karakter menjadi suatu keharusan, karena pendidikan tidak hanya menjadikan
siswa cerdas tetapi juga memiliki budi pekerti dan sopan santun di manapun siswa
berada, baik di masyarakat, dirinya sendiri, keluarga, dan Bangsa.
Fokus dalam penelitian ini adalah Apa saja pesan Moral yang dapat siswa
tangkap dan di kaitkan dengan pendidikan karakter dari film Adit dan Sopo Jarwo
dalam episode 22 ―Kabar Burung bikin Bingung‖? Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai karakter peduli sosial dalam
tayangan televisi Adit dan Sopo Jarwo dan pengaruhnya terhadap peserta didik
kelas IV SD Muhammadiyah 11 Semarang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif, salah satu alasan penulis akan menggunakan metode kualitatif dalam
penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang
diperoleh dari fenomena yang terjadi dengan menggunakan beberapa metode yang
ada.
Hasil data yang sudah dianalisis oleh peneliti bahwa ada 5 poin karakter
yang di tangkap oleh siswa dari 10 yang sudah di analisis oleh peneliti. Nilai poin
karakter dalam film animasi Adit dan Sopo Jarwo yang paling mudah di tangkap
adalah nilai karakter kejujuran ada 22 anak dan nilai kerja keras ada 21 anak.
Selain 10 karakter yang sudah dianalisis juga siswa menjawab nilai karakter lain
yaitu:
Kerja
sama,
Antagonis,
dan
Membantu. Nilai–nilai karakter jahat
(antagonis, Jarwo yang mengunakan uang sumbangan) yang juga terdapat dalam
film animasi ―adit dan sopo jarwo‖. Hal ini membuktikan bahwa siswa tidak
hanya menangkap nilai karakter baik namun juga menangkap nilai karakter yang
tidak baik juga.
Dengan demikian, film ini masih cocok untuk ditonton oleh siswa SD
dengan bimbingan orang tua selama menonton film animasi Adit dan Sopo Jarwo.
Saran yang dapat disampaikan adalah siswa tidak perlu takut atau ragu saat
menonton film animasi Adit dan Sopo Jarwo karena di dalamnya banyak sekali
mengandung nilai karakter baik yang disisipkan oleh tindakan atau percakapan antar tokoh. Dan bisa juga menjadi alternative bagi siswa untuk selalu termotivasi
berbuat kebaikan seperti dalam film ―adit dan sopo jarwo‖.
Kata kunci: film, karakter.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:27
Last Modified: 18 Nov 2024 04:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7531

Actions (login required)

View Item
View Item