PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PGRI 01 SEMARANG

AWALIA, FERI ANA (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PGRI 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FERI ANA AWALIA.pdf] Text
FERI ANA AWALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Feri Ana Awalia. 13110157.”pengaruh layanan bimbingan kelompok
dengan teknik role playing terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP
PGRI 01 Semarang”. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Prof. Drs Supardi, M. M,
Ismah, S. Ag., M. Pd. Desember. 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil DCM danh hasil dari wawancara
kurang bisa membagi waktu belajar, sering lupa membawa alat tulis, canggung
bila berdekatan dengan teman yang lebih pintar, banyak siswa yang kurang siap
dalam mempersiapkan segala sesuatu untuk belajar, kurangnya tanggung jawab
siswa dalam belajar, kurangnya inisiatif siswa dalam mencari informasi-informasi
atau sumber di luar lingkungan sekolah. Masalah pokok yang dikaji adalah
pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap
kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Semarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan
pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII pada semester 1 di SMP PGRI 01 Semarang, yang terdiri dari lima
kelas dengan jumlah 152 siswa, satu kelas digunakan untuk try-out, sedangkan
sampelnya terdiri dari satu kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian.
Jumlah keseluruhan sampel adalah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam
peneliti ini adalah menggunakan teknik cluster random sampling. Nilai
kemandirian belajar diperoleh dari nilai pre-test dan post-test. Analisis yang
digunakan untuk menguji validitas adalah korelasi product moment dan
reliabilitas menggunakan rumus alpha.
Hasil perhitungan menggunakan rumus t-test diperoleh diketahui bila
tingkat kesalahan 5% dengan dk 28, maka harga t tabel = 2,101. (dk = n1 + n2 =
28). Ternyata harga thitung= 2,966 jauh lebih besar dari pada ttabel 2,101. Dengan
demikian dapat ditarik kesimpulan keputusan uji hipotesis thitung> ttabel, maka Ho
ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu hipotesisnya berbunyi bahwa ada
pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap
kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Semarang.
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru pembimbing di
sekolah memberikan layanan lebih lanjutan melalui kegiatan konseling kelompok
berkenaan dengan kemandirian belajar siswa.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing,
Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:17
Last Modified: 18 Nov 2024 04:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7524

Actions (login required)

View Item
View Item