PENGEMBANGAN APLIKASI EDUKATIF BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR PASCAL (PEDAS PAS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 9 SEMARANG

Anwari, Taufan (2019) PENGEMBANGAN APLIKASI EDUKATIF BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR PASCAL (PEDAS PAS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 9 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Taufan Anwari.pdf] Text
Taufan Anwari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Selama ini pembelajaran Dasar-Dasar Pascal dan Pemrograman kelas X di SMK Negeri 9
Semarang belum menggunakan media yang bervariasi sehingga siswa kurang termotivasi dalam
belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android
pada pembelajaran tersebut dan mengetahui kelayakan,peningkatan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: Analyze, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 9 Semarang dengan
melibatkan 35 responden pada bulan september 2019 untuk mengetahui tingkat kelayakan dan
peningkatan hasil belajar media pembelajaran berbasis Android ini. Produk media pembelajaran
berbasis Android Dasar-Dasar Algoritma dan Pemrograman pascal untuk siswa kelas X yang
memiliki fitur petunjuk penggunaan, materi pembelajaran, video pembelajaran, contoh program,
latihan soal, Tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis Android Pemrograman pascal
untuk siswa kelas X oleh ahli media 1 diperoleh rata-rata 93% dengan kategori “Sangat Layak”,
ahli media 2 76% dengan kategori “Layak”, ahli materi 76,56% dengan kategori “ Layak”, guru
MAPEL 77,47% dengan kategori “Layak”, peserta didik diperoleh 81,4% dengan kategori
“Sangat Layak”, rata-rata keseluruhan responden sebesar 80,8% dengan kategori “Layak”
sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan
“Layak” digunakan. Sedangkan pada kemampuan aplikasi media pembelajaran berbasis android
pada pemrograman dasar pascal untuk siswa kelas X RPL SMKN 9 Semarang dengan model
pembelajaran discovery learning mengalami perbedaan yang signifikan yang di dukung dengan
uji-t, dibandingkan dengan pembelajaran tanpa aplikasi edukatif berbasis android.
Katakunci : Media
pembelajaran, Android, kelayakan, perbedaan ,Algoritma, Pemrograma
dasar pascal, ADDIE

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:16
Last Modified: 18 Nov 2024 04:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7522

Actions (login required)

View Item
View Item