IMPLEMENTASI ALGORITMA PENGACAKAN SOAL LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) PADA APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) PENGENALAN PAKAIAN ADAT NUSANTARA BERBASIS ANDROID

WIDIANTORO, ANGGIT (2020) IMPLEMENTASI ALGORITMA PENGACAKAN SOAL LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) PADA APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) PENGENALAN PAKAIAN ADAT NUSANTARA BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANGGIT.pdf] Text
ANGGIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pakaian Adat Tradisional Indonesia merupakan salah satu kekayaan budaya yang
dimiliki oleh negara Indonesia dan banyak dipuji oleh negara-negara lain.. Pakaian
Adat Indonesia hanya dibahas secara singkat dan tidak terlalu dipentingkan dalam
proses belajar mengajar pada sekolah dasar. Aplikasi Augmented Reality (AR)
pengenalan pakaian adat berbasis Android dibuat untuk membantu pembelajaran
dalam mengenalkan pakaian adat yang ada di Indonesia. Metode pengembangan
perangkat lunak yang digunakan dalam aplikasi ini adalah metode waterfall. Pada
aplikasi Augmented Reality (AR) pengenalan pakaian adat berbasis Android ini
akan ditambahkan evaluasi dengan soal yang diacak menggunakan metode Linear
Congruent Method (LCM). Hasil dari pengujian black box menunjukan bahwa
sistem sudah berjalan sesuai dengan fungsioalitasnya, dengan presentase
keberhasilan adalah 100%. Pengujian user acceptance test oleh guru sekolah dasar
menghasilkan presentase nilai 93% untuk aspek desain, 95% untuk aspek
kemudahan penggunaan, 95% untuk aspek kemanfaatan. Pada pengujian white box
kompleksitas siklomatis yang dihasilkan adalah 3, karena nilai 3 kurang dari 10
sehingga dapat dikategorikan kedalam algoritma yang tidak kompleks, dan
memenuhi syarat rekayasa perangkat lunak. Pengujian algoritma LCM sebagai
fokus pada penelitiain ini dilakukan dua kali pengujian, pengujian pertama
menunjukan bahwa proses perhitungan berjalan sesuai dengan kaidah LCM dan
tidak terjadi perulangan nilai yang sama, sedangkan pengujian kedua menunjuakan
terjadinya perulangan nilai yang sama karena tidak memenuhi kaidah LCM yang
ada, sehingga pengujian pertama dijadikan pedoman untuk memunculkan soal
secara acak
Kata Kunci : augmented reality, pakaian adat, waterfall, linear congruent method.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:14
Last Modified: 18 Nov 2024 04:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7520

Actions (login required)

View Item
View Item