SOLICHA, MIRATUS (2020) ANALISIS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
MIRATUS SOLICHA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (884kB)
Abstract
MIRATUS SOLICHA. NPM 16120274. “Analisis Pemanfaatan Perpustakaan Di
Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini karena berdasarkan studi, belum
ditemukan penelitian yang mengkaji tentang analisis pemanfaatan perpustakaan di
sekolah dasar. Permasalahan dalam penelitian ini 1) Pemanfaatan perpustakaan di
sekolah dasar sebagai sumber belajar belum maksimal?, 2) Pemanfaatan
perpustakaan di sekolah dasar sebagai peningkat minat baca belum maksimal?, 3)
Pemanfaatan perpustakaan di sekolah dasar sebagai peningkat minat belajar belum
maksimal?. Tujuan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah untuk
menganalisis bagaimana pemanfaatan perpustakaan di sekolah dasar. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model Miles dan Huberman.
Hasil analisis bahwa pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar
yaitu dengan mengunjungi perpustakaan sekolah. Pemanfaatan perpustakaan
sekolah dengan melakukan penanaman sikap sadar untuk membaca.Pemanfaatan
perpustakaan sebagai sumber belajar dapat juga dilihat dari peran dan fungsinya
sebagai fungsi edukatif, informative, rekreatif, fungsi tanggung jawab serta sarana
pembentukan sikap disiplin siswa. Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber
belajar masih ada beberapa sekolah yang belum manfaatkan perpustakaan secara
optimal. Sedangkan pemanfaatan perpustakaan sebagai peningkatan minat baca
dapat dilihat dari semua koleksi buku yang dipinjam dapat membantu siswa
dalam kegiatan pembelajaran. Dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai
peningkatan minat baca adalah program literasi, wajib membawa buku di
perpustakaan, wajib meminjam buku diperpustakaan. Pemanfaatan perpustakaan
sekolah sebagai peningkatan minat belajar bagi siswa adalah dengan cara
penanaman sikap sadar membaca bagi siswa dan juga memaksimalkan fungsi
perpustakaan itu sendiri.Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat
disampaikan adalah Sekolah agar terus meningkatkan pelayanan perpustakaan dan
penambahan buku.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 04:15 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 04:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7515 |