ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS III SD NEGERI PANDEANLAMPER 01 SEMARANG

WULANDARI, ANGGIT BAYU (2020) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS III SD NEGERI PANDEANLAMPER 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANGGIT BAYU WULANDARI.pdf] Text
ANGGIT BAYU WULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ANGGIT BAYU WULANDARI. NPM 16120364. “Analisis Kompetensi
Pedagogik Guru Dalam Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Kelas III SD
Negeri Pandeanlamper 01 Semarang”. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Mudzanatun, S.Pd., M.Pd.,
Pembimbing II Anggun Dwi Setya Putri, S.Pd., M.Pd., Mei. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pentingnya peran guru
dalam keberhasilan proses pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas. Guru
perlu meningkatkan empat kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga pendidik.
Salah satunya kompetensi pedagogik guru karena sangat berkaitan dengan
pengelolaan pembelajaran di dalam kelas. Skripsi ini membahas tentang analisis
kompetensi pedagogik guru dalam implementasi pendekatan saintifik pada kelas
III SD Negeri Pandeanlamper 01 Semarang. Penelitian ini termasuk penelitian
kualitatif dan menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian
deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam
implementasi pendekatan saintifik pada kelas III SD Negeri Pandeanlamper 01
Semarang belum terpenuhi secara menyeluruh. Dari ke sepuluh indikator
kompetensi pedagogik menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16
Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, ada
satu indikator yang belum terpenuhi yaitu menyelenggarakan pembelajaran yang
mendidik. Guru tidak melakukan perancangan berupa RPP sebelum kegiatan
pembelajaran berlangsung, RPP diadakan setelah kegiatan pembelajaran dalam
satu tema sudah hampir selesai. Sedangkan sembilan indikator yang lainnya sudah
dilaksanakan dengan baik dan optimal sesuai dengan indikator yang harus dicapai
dari kompetensi tersebut.
Untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru dalam implementasi
pendekatan saintifik pada kelas III SD Negeri Pandeanlamper 01 Semarang, maka
disampaikan saran antara lain sebagai berikut, bagi kepala sekolah yaitu kepala
sekolah sebaiknya lebih tegas lagi dalam upaya meningkatkan kompetensi
pedagogik guru, mengadakan pemantauan secara berkala pada saat kegiatan
pembelajaran berlangsung, dan mengadakan pemantauan secara bekala mengenai
perencanaan pembelajaran guru dalam mempersiapkan perancangan yang berupa
pembuatan RPP sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung. Selain bagi kepala
sekolah, saran bagi guru yaitu guru hendaknya mempersiapkan perancangan
pembelajaran dengan membuat dan mengembangkan RPP, lebih meningkatkan
lagi mengenai pendekatan santifik agar pembelajaran yang berlangsung dapat
berjalan lebih baik, efektif, dan efisien, lebih meningkatkan lagi kreativitasnya
dalam hal penerapan media pembelajaran dan pengelolaan materi pembelajaran,
dan lebih meningkatkan lagi fisik dan psikis peserta didik dalam menerima materi
pembelajaran agar dapat berjalan dengan baik.
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Guru, Pendekatan Saintifik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:04
Last Modified: 18 Nov 2024 04:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7512

Actions (login required)

View Item
View Item