RAMADHANI, MIRANDA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SDN 01 KEBONSARI KABUPATEN TEMANGGUNG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
MIRANDA RAMADHANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
MIRANDA RAMADHANI NPM 16120381 “Analisis Kemampuan Disposisi
Matematis Pada Pembelajaran Matematika Siswa SDN 01 Kebonsari Kabupaten
Temanggung Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Progam Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. 2020.
Pembelajaran tidak hanya mengembangkan kemampuan kognitif, tetapi juga
kemampuan afektif siswa, salah satu aspek penting dalam ranah afektif yang
berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar matematika siswa adalah pandangan
positif siswa terhadap matematika yang akan membentuk kecenderungan yang kuat
yang dinamakan disposisi matematis. Seseorang yang memiliki disposisi matematis
yang tinggi akan membentuk individu yang ulet, bertanggung jawab, memiliki
motif prestasi yang tinggi serta membantu individu mencapai hasil terbaiknya.
Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan
disposisi matematis pada pembelajaran matematika siswa kelas tinggi SDN 01
Kebonsari Kabupaten Temanggung semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020?
Tujuan yang hendak diperoleh penulis dalam penelitian ini adalah untuk
menganalisis kemampuan disposisi matematis pada pembelajaran matematika
siswa kelas tinggi SDN 01 Kebonsari Kabupaten Temanggung semester genap
Tahun Pelajaran 2019/2020.
Pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam
penelitian ini terdiri dari 25 siswa kelas tinggi dan 2 guru kelas tinggi SDN 01
Kebonsari Kabupaten Temanggung semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020.
Prosedur pengumpula data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket,
wawancara, observasi, tes kemampuan disposisi matematis dan dokumentasi. Uji
keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik tringuasi sumber.
Hasil penelitian menunjukan, bahwa kemampuan disposisi matematisi siswa
kelas tinggi SDN 01 Kebonsari sudah bagus. Hasil angket rata-rata disposisi
matematis siswa kelas tinggi sebesar 37,92% sedangkan hasil observasi siswa saat
mengerjakan tugas di rumah sebesar 48,89%. Artinya hampir setengah siswa sudah
memiliki kemampuan disposisi matematis yang tinggi dalam mata pelajaran
matematika. Meskipun demikian, disposisi matematis siswa masih perlu
ditingkatkan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah siswa
lebih memotivasi diri sendiri untuk bersungguh sungguh dalam mengembangkan
disposisi matematis dalam pembelajaran matematika, guru lebih memperhatikan
disposisi matematis siswa, ada kerjasama yang lebih baik antara wali siswa di
rumah dengan guru untuk mengontrol siswa baik di kelas maupun di rumah supaya
siswa lebih diperhatikan dari sisi afektif, kognitif dan psikomotoriknya, terutama
yang berkaitan dengan disposisi matematis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 04:05 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 04:05 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7511 |