Tristianti, Anggi (2019) ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA BERDASARKAN REPRESENTASI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Anggi Tristianti.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk
mengetahui bagaimana proses berpikir kreatif siswa berdasarkan representasi
visual, simbolik dan verbal dalam menyelesaikan masalah matematika pada
materi pola bilangan dengan gaya kognitif reflektif dan kognitif impulsif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan
data dengan menggunakan menggunakan triangulasi waktu, bahan referensi,
transferability, depenability, dan confirmability. Subjek penelitian adalah siswa
kelas VIII H SMPN 1 Brangsong yang terdiri dari empat orang siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif
mampu memenuhi proses berpikir kreatif berdasarkan representasi dengan
indikator fluency berdasarkan representasi, flexibility berdasarkan representasi,
dan elaboration berdasarkan representasi, 2) siswa yang memiliki gaya kognitif
mampu memenuhi proses berpikir kreatif berdasarkan representasi dengan
indikator fluency berdasarkan representasi, dan flexibility berdasarkan
representasi.
Kata kunci: Proses Berpikir Kreatif, Representasi, Gaya Kognitif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 04:02 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 04:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7510 |