PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 GROBOGAN

WINDHIARTO, ANGGA YUDA (2021) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Angga Yuda Windhiarto.pdf] Text
Angga Yuda Windhiarto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Angga Yuda Windhiarto, “Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS di
SMA Negeri 1 Grobogan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas
Ilmu Pendidikan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang, 2021.
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang timbul prestasi belajar di
SMA Negeri 1 Grobogan yang pada tahun sebelumnya mengalami penurunan. Data
tersebut diperoleh dari rata-rata nilai peserta didik dari tahun pelajaran 2018/2019
dan 2019/2020 Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Grobogan.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan motivasi
belajar terhadap prestasi belajar mata pelajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS di
SMA Negeri 1 Grobogan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Grobogan tahun pelajaran
2020/2021dengan jumlah 105 peserta didik. Sampel yang diambil sebanyak 105
orang dengan menggunakan teknik Non Probality Sampling dengan jenis Sampling
Jenuh. Kemudian diolah dengan menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas belajar dan motivasi belajar
berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi di SMA
Negeri 1 Grobogan. Hal ini dibuktikan dengan variabel fasilitas belajar memperoleh
nilai sebesar thitung 2,376 dan motivasi belajar memperoleh nilai sebesar thitung 2,803
lebih besar dari nilai ttabel 1,983. Selain itu, nilai signifikansi variabel fasilitas belajar
0,019 dan motivasi belajar 0,006 yang artinya H1,H2,dan H3 diterima, yang berarti
fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar
mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Grobogan.
Kata Kunci : Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:40
Last Modified: 18 Nov 2024 03:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7508

Actions (login required)

View Item
View Item