OKTAVIANI, FENY NUR (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FENY NUR OKTAVIANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
FENY NUR OKTAVIANI. NPM 15120186. “Keefektifan Model
Pembelajaran Talking Stick Berbantu Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar
Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2019. Dosen Pembimbing I adalah Ali
Shodiqin, S.Si., M.Si. Dosen Pembimbing II adalah Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa kurang antusias
dan bersemangat dalam pembelajaran karena kurangnya alat pendukung kegiatan
pembelajaran sehingga membuat siswa pasif dan hasil belajar sebagian anak belum
maksimal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah hasil belajar
pembelajaran tematik dengan model pembelajaran talking stick berbantu
Macromedia
Flash lebih baik daripada pembelajaran dengan
metode
konvensional?, 2) apakah sikap belajar dengan model pembelajaran talking stick
berhubungan dengan hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa ?. Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dengan
model pembelajaran talking stick berbantu Macromedia Flash lebih baik daripada
hasil belajar dengan metode konvensional pada siswa kelas V Sekolah dasar dan
untuk mengetahui seberapa besar hubungan dari sikap dengan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan
rancangan penelitian yaitu true experimental design bentuk pretest posttest control
group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kalicari 01
Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil adalah 25 siswa kelas
VA dan VB yang menggunakan teknik Probability sampling, yaitu simple random
sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, tes, observasi,
dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung =
2,403 dengan ttabel = 2,021. Karena thitung = 2,403 > ttabel = 2,021 maka H0 ditolak
dan Ha diterima. Hal ini berarti hasil belajar pembelajaran tematik dengan model
pembelajaran talking stick berbantu macromedia flash lebih baik dengan hasil
belajar dengan metode konvensional pada siswa kelas V sekolah dasar. Kemudian
hasil perhitungan dengan menggunakan uji korelasi diperoleh rhitung = 0,406 dengan
rtabel = 0,396. Karena rhitung = 0,406 > rtabel = 0,396 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Hal ini berarti sikap belajar cukup berhubungan dengan hasil belajar siswa.
Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah model
pembelajaran talking stick dan media macromedia flash dapat digunakan sebagai
salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Kata Kunci : Talking Stick, Macromedia Flash, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 03:18 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 03:18 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7506 |