WIJIASIH, FELINA ELA (2020) PENANAMAN NILAI KARAKTER MELALUI LAGU DOLANAN ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI 01 MEJAGONG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FELINA ELA WIJIASIH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Felina Ela Wijiasih NPM 16120163. “Penanaman Nilai Karakter Melalui
Lagu Dolanan Anak dalam Pembelajaran Daring di SD Negeri 01
Mejagong”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan.Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I: Khusnul Fajriyah,
S.Pd.,M.Pd. dan Dosen Pembimbing II: Sukamto. S.Pd.,M.Pd. Desember 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kecenderungan
siswa dalam menyanyikan lagu modern yang tidak memiliki makna dalam
liriknya. Hal ini di sebabkan oleh perkembang jaman sehingga siswa mudah
mendengarkan lagu modern melalui televisi, Hp maupun di tempat umum.
Permasalahan padam penelitian ini adalah adanya pandemi covid-19
dalam kegiatan belajar mengajar disekolah, sehingga sistem pembelajaran di
laksanakan secara online melalui aplikasi Zoom.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Karena data-data
yang diperoleh dari hasil penelitian bukan berupa angka-angka yang diolah
dengan statistik. Melainkan berupa kalimat deskiptif. Penelitian ini dilakukan
dengan cara observasi pembelajaran secara online, wawancara dengan guru kelas
dan angket untuk siswa.
Berdasarkan hasil dari observasi yang dilakukan peneliti nilai karakter
yang terkandung dalam lagu dolanan Ilir-ilir, Padhang Bulan, dan Menthok-
menthok yaitu nilai karakter religius, nasionalis, integritas, dan mandiri.
Sedangkan penanaman nilai karakter melalui lagu dolanan yang diajarkan oleh
guru pada saat pembelajaran daring dilakukan dengan adanya pembiasaan tingkah
laku yang sesuai dengan makna dalam lagu dolanan. Serta berdasarkan angket
yang diberikan kepada peserta didik kelas III SD Negeri 01 Mejagong dapat
dilihat banyak peserta didik yang mendapatkan skor tinggi, hanya beberapa yang
mendapatkan skor sedang dan cukup, hal ini menunjukkan bahwa siswa sudah
memahami dan menerapkan nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran untuk guru agar dapat menjadikan
lagu dolanan anak sebagai sarana dalam menanamkan nilai karakter, sedangkan
untuk orang tua agar mengarahkan anak dalam mendengarkan lagu dengan
memilih lagu dolanan anak yang memiliki makna sebagai sarana menanakan nilai
karakter.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 03:12 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 03:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7502 |