Afiq, Syaikhul (2020) ANALISIS PERMAINAN HOW FAR CAN YOU GO TERHADAP KARAKTER SISWA SMKN 2 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Syaikhul Afiq.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Syaikhul Afiq. Analisis permainan how far can you go terhadap karakter siswa
SMKN 2 Semarang. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan Universitas PGRI Semarang. Januari 2020.
Penelitian ini dilatar belakangi adanya temuan dilapang banyaknya siswa
yang kurang disiplin berpakaian olahraga, kurangnya kerja keras dengan masih
ada yang suka berteduh dan duduk santai, juga kurang tanggung jawab mengambil
dan mengembalikan peralatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis
permainan how far can you go Terhadap karakter kerja keras, disiplin, dan
tanggung jawab siswa SMKN 2 Semarang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif. Teknik pengambilan sempel dengan menggunakan random sampling
atau sempel yang di ambil secara acak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 34
orang yang terdiri dari 33 siswa dan 1 guru pendidikan jasmani. Instrumen yang
digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya permainan how
far can you go siswa bertambah kesadaran akan nilai-nilai karakter disiplin, kerja
keras, dan tanggung jawab. Hal itu dibuktikan dengan temuan dilapangan bahwa
siswa bersemangat dengan adanya permainan yang belum pernah siswa mainkan
dalam pembelajaran, siswa lebih disiplin cara berpakaian sudah memakai sepatu
olahraga dan tidak datang terlambat masuk jam pelajaran, rasa tanggung jawab
siswa juga bertambah dengan siswa secara mandiri mengambil dan
mengembalikan peralatan, juag membantu guru menyusun cone untuk permainan,
dan membantu mencangkul bak pasir supaya aman.
Kesimpulan dari penelitian ini permainan How Far Can You Go
berpengaruh terhadap karakter disiplin, tanggung jawab dan kerja keras. Saran
yang dapat disampaikan adalah supaya pembelajaran pendidikan jasmani
dilakukan di jam pagi yang relatif tidak panas.
Kata kunci: Analisis, Permainan, Karakter
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 03:12 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 03:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7501 |