PERBANDINGAN MEDIA PEMBELAJARAN PPT DENGAN GAME E- LEARNING KAHOOT DALAM PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BAE KUDUS 2019

Arif, Miftahul (2020) PERBANDINGAN MEDIA PEMBELAJARAN PPT DENGAN GAME E- LEARNING KAHOOT DALAM PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BAE KUDUS 2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of MIFTAHUL ARIF.pdf] Text
MIFTAHUL ARIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Miftahul Arif “ Perbandingan Media Pembelajaran PPT Dengan Game E-learning
Kahoot Dalam Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS
SMA Negeri 1 BAE Kudus”. Fakultas Pendidikan Ilmu Sossial dan Keolahragaan,
Universitas PGRI Semarang Tahun 2019. Penelitian ini dilatar belakangi oleh
penggunaan media pembelajaran PPT dalam proses pembelajaran ekonomi untuk
mengetahui partisipasi siswa dalam pembelajaran. Dimana partisipasi siswa
sangat penting untuk meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan
pemahamam materi pembelajaran ekonomi.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui partispasi siswa terhadap
perbandingan media pembelajaran PPT dengan game E-learning kahoot pada
siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 BAE Kudus. Penelitian ini menggunakan
metode pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPS
yang ada di SMA Negeri 1 BAE Kudus. Instrumen pengumpulan data
menggunakan kuesioner. Sampel data ini berjumlah 136 responden didistribusikan
secara langsung menggunakan teknik probability sampling dan cara menentukan
sampelnya menggunan teknik Cluster random sampling, kemudian diolah
menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan
menggunakan uji paired sample T-test menunjukkan bahwa adanya perbedaan
partisipasi siswa kels X IPS 1-4 dalam pembelajaran ekonomi ketika menggunkan
media game e-learning kahoot dengan nilai mean yaitu sebesar 117,80 lebih
besar dari nilai mean dalam penggunaan media pembelajaran PPT yakni sebesar
99.57. sehingga dapat dikatakan media pembelajaran game e-learning kahoot
dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran ekonomi.
diperoleh nilai Sig.(0,000) < α (0,01) yang berarti Ha ditolak artinya Ada
perbedaan yang signifikan ketika penggunaan media pembelajaran game e-
learning kahoot terhadap partisipasi pembelajaran ekonomi, Dibandingkan
menggunakan media pembelajaran PPT terlihat
Kata kunci: pembelajaran, media pembelajaran, partisipasi, media PPT, game E-
learning kahoot

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:10
Last Modified: 18 Nov 2024 03:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7500

Actions (login required)

View Item
View Item