PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MATARAM SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

UFIYAH, SYAFIATUL (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MATARAM SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SYAFIATUL UFIYAH.pdf] Text
SYAFIATUL UFIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Syafiatul Ufiyah “Penerapan Model Problem Based Learning dalam
Pembelajaran Menulis Teks Prosedur pada Peserta Didik Kelas VII SMP Mataram
Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi.Fakultas Pendidikan Bahasa dan
Seni, Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Agus Wismanto, S.Pd., M.Pd.,
dan Pembimbing II Zainal Arifin, S.Pd., M.Pd. Oktober 2019.
Kata kunci: Penerapan model Problem Based Learning, menulis teks
prosedur.
Penelitian ini dilatarbelakangi keterampilan menulis pada peserta didik
kelas VII SMP Mataram Semarang yang masih rendah, khususnya pada
keterampilan menulis teks prosedur. Melihat kondisi tersebut perlu diupayakan
penerapan model pembelajaran tertentu untuk meningkatkan pembelajaran
menulis teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Mataram Semarang.
Model pembelajaran yang diterapkan adalah Problem Based Learning.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan
Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur pada
Peserta Didik Kelas VII SMP Mataram Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020?
Adapun tujuan penelitian untuk mendeskripsikan Penerapan Model Problem
Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur pada Peserta Didik
Kelas VII SMP Mataram Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penerapan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta
didik kelas VII SMP Mataram Semarang tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri
atas 2 kelas. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A yang
berjumlah 28 peserta didik. Data penelitian ini berupa nilai-nilai yang diperoleh
peserta didik dalam pembelajaran menulis teks prosedur, sedangkan sumber data
penelitian ini yaitu peserta didik dan guru. Penelitian ini menggunakan teknik
pengumpulan data berupa teknik tes dan nontes. Teknik penyajian hasil analisis
data dilakukan secara kualitatif yaitu mendeskripsikan penerapan model Problem
Based Learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada peserta didik
kelas VII SMP Mataram Semarang tahun pelajaran 2019/2020.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada peserta didik kelas VII
SMP Mataram Semarang tahun pelajaran 2019/2020 menggunakan model
Problem Based Learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur memperoleh
hasil nilai rata-rata peserta didik 80,1 dan masuk dalam kategori baik. Saran, bagi
guru Bahasa Indonesia dalam mempelajari teks prosedur tidak hanya diberikan
teori saja melainkan dengan contoh-contoh yang menarik bagi peserta didik,
selain itu penelitian ini dapat dijadikan sumber referensi dan untuk melanjutkan
penelitian yang telah ada ke arah yang lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:08
Last Modified: 18 Nov 2024 03:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7499

Actions (login required)

View Item
View Item