KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA MULTIPLY CARDS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN KALIWIRU SEMARANG

KASANAH, SUTRIA AMINA (2019) KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA MULTIPLY CARDS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN KALIWIRU SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SUTRIA AMINA KASANAH.pdf] Text
SUTRIA AMINA KASANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sutria Amina Kasanah. NPM 15120393 “Keefektifan Model Role Playing
Berbantu Media Multiply Cards Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN
Kaliwiru Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2019
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah (1) Hasil belajar
siswa yang masih rendah, (2) Kurangnya kesadaran guru dalam menggunakan
model pembelajaran, (3) Media pembelajaran yang digunakan guru kurang
memadai. Permasalahan dalam penelitian adalah Apakah ada keefektifan model
pembelajaran Role Playing berbantu media pembelajaran Multiply Cards terhadap
hasil belajar matematika kelas V SDN Kaliwiru Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa-
siswa SDN Kaliwiru Semarang. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas V
yang terdiri dari 17 siswa. Desain penelitian menggunakan pre eksperimental
design dengan menggunakan rancangan One-Grup Pretest Posttest Design. Alat
pengumpulan data berupa tesintelegensi.
Hasil analisis uji-t didapat thitung > ttabel yaitu > maka H0 ditolak. Jadi dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menempuh postest ketika
mendapatkan model pembelajaran Role Palying berbantu media Multiply Cards
terhadap hasil lebih baik daripada hasil belajar siswa ketika menempuh pretest
sebelum mendapatkan model pembelajaran tersebut. Perolehan ketuntasan belajar
individu pada postest adalah 14 dari 17 siswa dan ketuntasan belajar kelompok
mencapai 82,35 %. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa adanya keefektifan
model pembelajaran Role Playing berbantu media Multiply Cards terhadap hasil
belajar matematika kelas V SDN Kaliwiru Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan hendaknya guru menggunakan
model pembelajaran Role Playing berbantu media Multiply Cardsi dalam
pembelajaran matematika, karena dengan menggunakan model tersebut dapat
meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:06
Last Modified: 18 Nov 2024 03:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7495

Actions (login required)

View Item
View Item