HASTUTI, FEBYANA DWI (2020) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 GUNUNGJATI BANJARNEGARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FEBYANA DWI HASTUTI_16120072.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
FEBYANA DWI HASTUTI. NPM 16120072. “Pengaruh Tingkat Pendidikan
Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Gunungjati
Banjarnegara”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Ervina Eka Subekti,
S.Si., M.Pd. Pembimbing II Aries Tika Damayani, S.Pd., M.Pd. Agustus.2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah tingkat pendidikan
orang tua yang beragam dan capaian prestasi belajar siswa yang beragam pula.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah tingkat pendidikan orang tua
berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Gunungjati
Banjarnegara?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat
pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan mengggunakan pendekatan penelitian ex-post facto,
karena terdiri dari dua variabel yaitu tingkat pendidikan orang tua dan prestasi
belajar siswa. . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD
Negeri 1 Gunungjati. Sampel penelitian ini adalah kelompok siswa kelas IV di SD
Negeri 1 Gunungjati. Pengumpulan data menggunakan data sekunder untuk
mengetahui tingkat pendidikan orang tua dan prestasi belajar siswa. Data yang
diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan
hasil analisis hasil analisis regresi linier sederhana dengan uji-t perhitungan
regresi ttabel < thitung atau 2,093 <7,856 sehingga H0 ditolak maka kesimpulan thitung
signifikan jadi tingkat pendidikan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar
siswa kelas IV SD Negeri 1 Gunungjati. Data yang diperoleh dari nilai
determinasi sebesar 0,774 membuktikan bahwa variabel tingkat pendidikan orang
tua memang berpengaruh besar terhadap prestasi belajar yang diperoleh oleh
siswa yaitu sebesar 77,4 %.
Berdasarkan hasil penelitianini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya orang tua sebaiknya memperhatikan belajar anak agar lebih bersemangat
dalam belajar , berbagai cara untuk menumbuhkan prestasi belajar anak yaitu bisa
dengan memberi hadiah/penghargaan atas prestasi dan memberi hukuman yang
mendidik.
Kata kunci: Pendidikan, Orang Tua, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 03:04 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 03:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7494 |