LAKSONO, ANGGA BUDI (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Angga Budi Laksono.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Angga Budi Laksono. NPM 15110100: “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok dengan Teknik Role Playing Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa
Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Pemalang ” Skripsi. Program Studi Bimbingan
dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2019.
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing
Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Pemalang ini
dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang terlihat pada prilakunya yang
kurang berani mengungkapkan pendapat, takut/cemas ketika disuruh maju
didepan kelas, kurang mampu berfikir secara mandiri, ragu akan kemampuan
yang dimiki, serta belum bisa meneerima keadaan diri sendiri ketika bergaul
dengan teman-teman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
true experimental design dengan model pre-test post-test control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3
Pemalang dengan jumlah 143 siswa. Kelas XI MIPA 1 adalah kelas yang
dipergunakan untuk tryout. Sampel dalam penelitian yaitu 20 siswa kelas XI
MIPA 2 SMA Negeri 3 Pemalang yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan teknik cluster
random sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala rasa
percaya diri.
Berdasarkan hasil pre-tes rata-rata skor kelompok eksperimen 66,5 dan
kelompok kontrol 670. Sedangkan hasil post-test dapat terlihat perbedaan antara
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setelah diberikan treatmean
layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada kelompok
eksperimen terjadi peningkatan skor dibandingkan dengan kelompok kontrol
yang tidak diberikan treatmeant. Rata-rata skor kelompok eksperimen 80,7 pada
kategori tinggi dan rata rata skor kontrol adalah 68,4 kategori rendah.
Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 4,700. Selanjutnya
dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% (0.05) yaitu 2,101. Hal
tersebut menunjukkan bahwa thitung 4,700 > ttabel 2,101. Atas dasar perhitungan
tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap rasa percaya diri siswa
kelas XI MIPA SMA Negeri 3 pemalang” diterima kebenarannya pada taraf
signifikansi 5%. Dengan demikian menunjukkan bahwa layanan bimbingan
kelompok dengan teknik role playing dapat mengembangkan rasa percaya diri
siswa.
Saran bagi guru pembimbing hendaknya dapat mengembangkan dan
memanfaatkan kegiatan dengan berbagai layanan dan metode yang ada dalam
bimbingan dan konseling untuk membantu siswa menuntaskan tugas
perkembangannya secara optimal. Bagi siswa dapat mengembangkan rasa
percaya diri siswa dengan baik.
Kata Kunci: Rasa percaya diri, bimbingan kelompok, teknik role playing
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 03:04 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 03:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7492 |