Setiawan, Andry (2020) SURVEI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP SISWA DI MTS NU 06 SUNAN ABINAWA PEGANDON KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANDRY SETIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Andry Setiawan “Survei efektivitas pembelajaran daring PJOK pada masa pandemi
COVID-19 terhadap siswa di MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal”
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI
Semarang. 2020.
Corona Virus Disease atau biasa dikenal COVID-19 telah membuat sistem
pembelajaran di Indonesia berubah secara drastis dari pembelajaran tatap muka
konvensioanl menjadi pembelajaran di rumah secara daring. Rumusan masalah
pada penelitian ini yaitu bagaimana efektivitas pembelajaran daring PJOK pada
masa pandemi COVID-19 terhadap siswa di MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon
Kendal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran
daring PJOK pada masa pandemi COVID-19 terhadap siswa di MTs NU 06 Sunan
Abinawa Pegandon Kendal.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode
survey secara online menggunakan google form. Dalam penelitian ini peneliti
menggunakan teknik sampling pada penelitian ini menggunakan total sampling
yang artinya adalah teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampelnya semua
tingkatan sama dengan populasi yang terdiri dari 105putra, 99 putri dengan total
204 responden siswa di MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal. Selanjutnya
setelah data terkumpul akan dianalisis dan di persentase serta di deskripsikan
hasilnya.
Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran daring dilakukan dirumah,
dimana materi pelajaran PJOK dengan menggunakan pembelajaran daring 40,6%
siswa merasa kurang mengerti. Dalam pengoperasian media pembelajaran daring
49,0% siswa mengatakan kurang mengerti dalam mengoperasikan media selama
pembelajaran daring, kemudian penugasan menjadi model yang sering digunakan
guru selama pembelajaran Daring dengan 69,3% selain presentasi online 28,6%.
Di sisi lain 45,3% siswa merasa kurang paham ketika tugas dan ujian dilakukan
secara daring, serta 50,0% siswa merasa kurang semangat ketika pembelajaran
PJOK dilakukan secara daring sehingga sangat mempengaruhi minat siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka disimpulkan bahwa
kurangnya efektivitas pembelajaran daring PJOK selama masa pandemi COVID-
19 terhadap siswa di MTs NU 6 Abinawa Kendal. Hal ini berdasarkan hasil data
dan penelitian bahwa pembelajaran daring secara keseluruhan kurang efektif
dilakukan pada mata pelajaran PJOK selama masa pandemi COVID-19 di MTs NU
6 Abinawa Kendal. Dengan ini maka siswa pun mengharapkan agar sistem
pembelajaran selama masa pamdemi COVID-19 ini agar bisa dilakukan dengan
tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan anjuran pemerintah.
Kata kunci : Efektivitas, Pembelajaran Daring Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:58 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:58 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7490 |