DININGTYAS, FEBRY PUSPITA (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PBL PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SD DI KABUPATEN REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FEBRY PUSPITA DININGTYAS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
FEBRY PUSPITA DININGTYAS. NPM 16120176. “Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Berbasis Model PBL pada Subtema Komponen Ekosistem untuk
Siswa Kelas V SD di Kabupaten Rembang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang. 2020. Penguji I Ibu Fine Reffiane, S.Pd., M.Pd.
Penguji II Ibu Ryky Mandar Sary, S.Pd., M.Pd. Penguji III Bapak Joko Sulianto,
S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan bahwa
masih adanya beberapa kelemahan-kelemahan yang ditemukan peneliti dalam
penyajian perangkat pembelajaran pada subtema komponen ekosistem. Selain itu,
masih adanya peserta didik yang belum aktif dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran. hal tersebut yang menjadikan dasar peneliti untuk mengembangkan
perangkat pembelajaran berbasis model PBL pada subtema komponen ekosistem.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pengembangan perangkat
pembelajaran berbasis model PBL pada subtema komponen ekosistem layak
digunakan sebagai penunjang perangkat pembelajaran peserta didik kelas V SD di
Kabupaten Rembang yang valid, praktis, dan efektif?
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and
Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Pengembangan
perangkat pembelajaran terdapat 5 tahapan yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3)
Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Dari langkah tersebut
dihasilkan sebuah produk perangkat pembelajaran berbasis model PBL.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing produk memenuhi kriteria
valid, praktis, dan efektif. Produk memenuhi kriteria valid ditunjukkan dari
persentase uji validasi ahli materi dan media, perangkat pembelajaran (silabus dan
RPP) mencapai persentase 90,51% dan modul bahan ajar mencapai persentase
90,72%. Produk memperoleh kriteria kepraktisan ditunjukkan dari persentase
tanggapan guru terhadap perangkat pembelajaran (silabus dan RPP) mencapai
89,52% dan modul bahan ajar mencapai 88% dan persentase tanggapan peserta
didik sebesar 86,06%. Produk memenuhi kriteria keefektifan berdasarkan hasil
belajar peserta didik pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Persentase peserta didik yang mencapai KKM untuk kompetensi pengetahuan
melebihi rata-rata 83,78 dengan klasifikasi “tinggi”. Kesimpulannya, perangkat
pembelajaran berbasis model PBL layak digunakan.
Berdasarkan penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah supaya
perangkat pembelajaran berbasis model PBL dapat menjadi salah satu pilihan
perangkat pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam melakukan
pembelajaran pada subtema komponen ekosistem pada kelas V Sekolah Dasar.
Perangkat pembelajaran berbasis model PBL dapat digunakan menjadi referensi
perangkat pembelajaran yang baru oleh penelitian-penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:57 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7489 |