MUSTOFA, SUSILO BAYU (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 6 SISWA KELAS V SD NEGERI BUMIHARJO 02 KABUPATEN PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SUSILO BAYU MUSTOFA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
SUSILO BAYU MUSTOFA. NPM 15120042. “Keefektifan Model
Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar
Tema 6 Siswa Kelas V SDN Bumiharjo 02 Kabupaten Pati”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. Pembimbing I Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum. Pembimbing II
Mei Fita Asri Untari, S.Pd., M.Pd. 2020.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah
dikarenakan daya tangkap siswa yang berbeda-beda, kurangnya tingkat
konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga materi pembelajaran tidak
tersampaikan secara maksimal, dan kurangnya semangat belajar siswa dalam
kelas karena siswa cenderung pasif. Proses pembelajaran guru tidak menggunakan
model pembelajaran. Pembelajaran berlangsung satu arah dari guru ke siswa
dengan siswa yang pasif dalam proses tersebut. Kurangnya interaksi yang aktif
dari siswa sehingga pembelajaran terlihat monoton dan membosankan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model Auditory
Intellectualy Repetition (AIR) efektif terhadap hasil belajar tema 6 siswa kelas V
SDN Bumiharjo 02 Kabupaten Pati?. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui keefektifan model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) terhadap
hasil belajar tema 6 siswa kelas V SDN Bumiharjo 02 Kabupaten Pati.
Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan metode penelitian Pre-
Experimental dengan Desain penelitian One Grup Pretes-Posttes karena dalam
penelitian ini hanya menggunakan satu kelas saja. Sehingga menggunakan nilai
hasil Pretes sebegai acuan sebelum diberikan perlakuan dan nilai hasil Posttes
sebagai acuan setelah diberi perlakuan model pembelajaran Auditory Intellectualy
Repetition.
Hasil dalam penelitian ini diperoleh data uji t dengan thitung = 13,2416
dengan taraf signifikan 5% didapat nilai ttabel = 2,06866. Karena thitung (13,2416) >
ttabel (2,06866) maka Ha diterima. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa yang
meningkat dari 26% menjadi 100%. Serta peningkatan rata-rata pada pretest
59,869565 meningkat menjadi 84,347826 pada postest.
Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) efektif
terhadap hasil belajar tema 6 siswa kelas V SDN Bumiharjo 02 Kabupaten Pati.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:55 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:55 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7488 |