PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN (TGFU) TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING PADA MATERI BOLA VOLI KELAS IX C DI SMPN 1 BANJAREJO

Sulistiono, - (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN (TGFU) TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING PADA MATERI BOLA VOLI KELAS IX C DI SMPN 1 BANJAREJO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Sulistiono.pdf] Text
Sulistiono.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sulistiono. 15230306. “Pengembangan Model Pembelajaran (TGfU)
Teaching Games for Understanding pada Materi Bola Voli kelas IX C di SMPN
1 Banjarejo.” Universitas PGRI Semarang. 2020. Tubagus Herlambang, S.Pd.,
M.Pd., dan Osa Maliki, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini kurangnya minat siswa dalam
menggali lebih dalam materi tentang bola voli. Siswa merasa bahwa pembelajaran
PJOK dengan materi bola voli itu membosankan karena kebanyakan siswa lebih
menyukai mata pelajaran yang lain, serta pembelajarannya yang monoton dan
membosankan serta kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengembangkan model pembelajaran Pengembangan Model Pembelajaran
(TGFU) Teaching Games for Understanding Pada Materi Bola Voli kelas IX C Di
SMPN 1 Banjarejo.
Penelitian ini menggunakan metode penilitian dan pengembangan
(reseacrh and development), dengan pengambilan sampel dilakukan dengan
simple random sampling yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu,
kelas IX C menjadi uji skala kecil dan kelas IX A, B, D untuk uji skala besar.
Teknik analisis data dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan uji tes.
Berikut hasil dari penelitian ini, kelas IX C dan memiliki hasil bagian Net/
Wall games kelas IX C memperoleh hasil persentase dari keseluruhan 81.67%
dengan kategori “sangat baik”, Untuk foot strike games memperoleh persentase
85,83% dengan kategori “sangat baik” . dan game sitting mini volley ball court
memperoleh persentas 85,00% dengan kategori “sangat baik”. Permainan Net wall
games siswa kelas IX A SMPN 1 Banjarejo memperoleh persentase80,83%
dengan kategori “sangat baik”, untuk foot strike games memperoleh persentase
87,50 % dengan kategori “sangat baik” dan untuk sitting mini volley ballcourt
memperoleh angka sebesar 82,50% dengan kategori “sangat baik”. Untuk game 2
pada Net/ Wall games memperoleh presentase 85,83% dengan kategori “sangat
baik”, foot strike games memperoleh persentase 83,33 % dengan kategori “sangat
baik” dan sitting mini volley ball court memperoleh angka sebesar 90,83 %
dengan kategori “sangat baik” siswa kelas IX B SMPN 1 Banjarejo memperoleh
persentase 81,67% dengan kategori “sangat baik”, untuk foot strike games
memperoleh persentase 72,50 % dengan kategori “ baik” dan untuk sitting mini
volley ballcourt memperoleh angka sebesar 79,17 % dengan kategori “baik”.
Permainan Net wall games siswakelas IX D SMPN 1 Banjarejo memperoleh
persentase 79,17% dengan kategori “baik”, untuk foot strike games memperoleh
persentase 75,83% dengan kategori “ baik” dan untuk sitting mini volley ballcourt
memperoleh angka sebesar 80,00 % dengan kategori “baik”.Berdasarkan hasil
dari data tersebut peneliti menyimpulkan bahwa pengembangan model
pembelajaran TGfU (Teaching Games for Understanding) dapat diterima dalam
proses pembelajaran bola voli kelas IX C di SMPN 1 Banjarejo, hasil belajar
siswa meningkat setelah peneliti menggunakan pendekatan TGfU. Saran yang
dapat penulis sampaikan adalah agar siswa lebih meningkatkan belajar untuk
semua mata pelajaran di sekolah, khususnya mata pelajaran Pendidikan Jasmani
materi bola voli.
Kata kunci: TGfU, Hasil Belajar, Bola voli.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:41
Last Modified: 18 Nov 2024 02:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7473

Actions (login required)

View Item
View Item