PENGARUH LATAR BELAKANG TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS III SDN SAMBIREJO 01 KOTA SEMARANG

MILA, FEBRIANA JAMILATUL (2020) PENGARUH LATAR BELAKANG TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS III SDN SAMBIREJO 01 KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Febriana.pdf] Text
Febriana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FEBRIANA JAMILATUL MILA. NPM 15120439. “Pengaruh Latar Belakang
Pendidikan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa
Kelas III SDN Sambirejo 01 Kota Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Sunan Baedowi, S.H.I., M.S.I.
pembimbing II Mudzanatun, S.Pd., M.Pd. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah karena orangtua
sebagai pendidik utama bagi anak-anaknya yang harus memiliki pengalaman dan
wawasan yang luas untuk menghasilkan generasi penerus berkualitas dan
berakhlakul karimah. Tingkat pendidikan orangtua yang tinggi akan mempengaruhi
pola asuh, wawasan, dan cara mendidik pada anak yang akan berpengaruh dalam
memberikan bimbingan dan pengarahan untuuk meraih masa depan dengan hasil
belajar yang baik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah latar belakang tingkat
pendidikan orangtua berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam
pada siswa kelas III B SD Negeri Sambirejo 01 Kota Semarang?. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latar belakang tingkat pendidikan
orangtua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas III B SD
Negeri Sambirejo 01 Kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan jenis Ex-Post
facto dengan desain survey research. Sampel yang diambil adalah 34 siswa kelas
III B SD Negeri Sambirejo 01 Kota Semarang. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang tingkat pendidikan
orangtua memiliki korelasi positif terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam
yang dibuktikan dengan analisis uji hipotesis product moment. Metode analisa yang
digunakan adalah regresi linear sederhana dengan hasil thitung 9,384 dengan
signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil ini menunjukkan thitung signifikan, sehingga Ho
ditolak dan Ha diterima, yang berarti “Ada pengaruh yang signifikan antara latar
belakang tingkat pendidikan orangtua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama
Islam siswa kelas III B SDN Sambirejo 01 Kota Semarang tahun pelajaran
2018/2019”. Dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,740 = 74% dan sisanya
26% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah sebagai orangtua sebaiknya
dapat meningkatkan perhatian dan dukungannya dalam proses belajar anak serta
mengupayakan fasilitas belajar yang memadai agar prestasi belajarnya semakin
meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:40
Last Modified: 18 Nov 2024 02:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7471

Actions (login required)

View Item
View Item