LESTARI, SUDARIYANTI (2019) PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 KEMBANG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Sudariyanti Lestari.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Sudariyanti Lestari. NPM 15410265. Penerapan Model Think Talk Write
Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Pada Peserta Didik Kelas XI SMA
Negeri 1 Kembang Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Arisul
Ulumuddin, S.Pd., M.pd. dan Pembimbing II Dra. H.R. Utami, M. Hum. Agustus
2019.
Penelitian ini dilatarbelakang oleh pembelajaran yang kurang efektif dan
pembelajaran di dalam kelas kurang menarik, khususnya keterampilan menulis
teks eksplanasi. Adanya kondisi tersebut, perlu diupayakan penerapan model yang
sesuai untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi pada peserta
didik kelas XI SMA Negeri 1 Kembang Jepara. Model yang diterapkan adalah
model Think Talk Write.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
model Think Talk Write dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kelas X
SMA Negeri 1 Kembang Jepara tahun pelajaran 2019/2010? Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Think Talk Write
dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kelas XI SMA Negeri 1 Kembang
Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes yaitu observasi,
angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang sudah diperoleh kemudian
diolah dan dideskripsikan untuk mengetahui model Think Talk Write yang
diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi.
Berdasarkan hasil penelitian, model Think Talk Write dapat diterapkan
dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Model ini dapat membuat peserta
didik lebih memahami materi pembelajaran dan peserta didik dapat terlibat aktif
dalam pembelajaran di dalam kelas. Peserta didik memperoleh nilai tertinggi yaitu
92 dan nilai terendah 72 dengan jumlah nilai rata-rata 86. Saran yang dapat
disampaikan adalah guru harus memilih model pembelajaran yang sesuai dengan
materi agar peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran, guru harus dapat
membangun suasana belajar yang menyenangkan dan menarik.
Kata kunci: penerapan, menulis teks eksplanasi, model Think Talk Write.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:34 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:34 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7466 |