Nugraha, Andre Febriansyah Putra (2020) PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DAN ZOOM MEETING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK WISUDHA KARYA KUDUS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Andre Febriansyah Putra Nugraha.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Andre Febriansyah Putra Nugraha, “Pengaruh penggunaan google classroom dan
zoom meeting dalam pembelajaran pendidikan jasmani daring terhadap minat
belajar siswa kelas XI di SMK Wisudha Karya Kudus”, Program Studi
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2020.
Latar belakang dari penelitian ini adalah terjadinya penurunan minat belajar
siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani, terlihat dari beberapa siswa kelas
XI di SMK Wisudha Karya Kudus yang tidak mengikuti pembelajaran penjas
melalui WhattAps terutama kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik 1 dan XI
Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2, serta berdasarkan hasil ulangan harian nilai
mata pelajaran penjas siswa kelas XI di SMK Wisudha Karya Kudus ada dua
kelas XI yang mendapatkan nilai ulangan harian dibawah kriteria ketuntasan
minimal 75. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah dengan penggunaan
google classroom dan zoom meeting dalam pembelajaran pendidikan jasmani
daring dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI di SMK Wisudha Karya
Kudus. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan minat belajar
siswa pada penggunaan google classroom dan zoom meeting dalam pembelajaran
pendidikan jasmani daring kelas XI di SMK Wisudha Karya Kudus.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimental design
(eksperimen semu). Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian two group
pre-test post-test design dengan teknik sampling purposive.
Penggunaan media pembelajaran google classroom pada pelajaran pendidikan
jasmani secara daring dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI TITL 1
terjadi peningkatan minat belajar sebesar 14,26%, sedangkan pada siswa kelas XI
TITL 2 terjadi peningkatan minat belajar sebesar 6,49%. Sedangkan penggunaan
media pembelajaran zoom meeting pada pelajaran pendidikan jasmani secara
daring dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI TITL 1 terjadi
peningkatan minat belajar sebesar 1,02%, sedangkan pada siswa kelas XI TITL 2
terjadi peningkatan minat belajar sebesar 1,27%.
Kesimpulannya adalah bahwa peningkatan hasil minat belajar saat
menggunakan media pembelajaran google classroom lebih tinggi daripada zoom
meeting, maka penerapan media pembelajaran google classroom lebih efektif
dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pelajaran pendidikan jasmani
secara daring di SMK Wisudha Karya Kudus. Semoga mampu meningkatkan
minat belajar siswa dan bermanfaat untuk motivasi belajar siswa dalam
pembelajaran pendidikan jasmani daring selama pandemi Covid-19.
Kata Kunci: Google Classroom, Zoom Meeting, Minat Siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:32 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:32 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7462 |