PENGEMBANGAN BUKU AKTIVITAS PETA SI PINTAR (PETUALANGAN DI TAMAN MUSIK PINTAR) TEMA KEGEMARANKU BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR

PRATIWI, SUCI INDAH (2020) PENGEMBANGAN BUKU AKTIVITAS PETA SI PINTAR (PETUALANGAN DI TAMAN MUSIK PINTAR) TEMA KEGEMARANKU BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SUCI INDAH PRATIWI.pdf] Text
SUCI INDAH PRATIWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

SUCI INDAH PRATIWI. NPM 16120444. Pengembangan Buku Aktivitas Peta
Si Pintar (Petualangan Di Taman Musik Pintar) Tema Kegemaranku Berbasis
Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2020.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil wawancara terstruktur dan
analisis kebutuhan guru serta siswa yang menunjukkan bahwa guru kurang
berinovasi dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya materi tema kegemaranku
sehingga masih ada siswa yang kesulitan dalam memahami materi, serta belum
ada pengenalan kearifan lokal di Sekolah Dasar. Berdasarkan hal tersebut, yang
menjadikan dasar peneliti untuk mengembangkan media Buku Aktivitas Peta Si
Pintar berbasis kearifan lokal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakteristik
produk pengembangan Buku Aktivitas Peta Si Pintar (Petualangan Di Taman
Musik Pintar) tema kegemaranku berbasis kearifan lokal di Sekolah Dasar?, 2)
Bagaimana kevalidan dan kepraktisan produk pengembangan Buku Aktivitas Peta
Si Pintar (Petualangan Di Taman Musik Pintar) tema kegemaranku berbasis
kearifan lokal di Sekolah Dasar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
karakteristik produk, kevalidan, serta kepraktisan media Buku Aktivitas Peta Si
Pintar berbasis kearifan lokal terhadap materi tema kegemaranku pada kelas I
Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D).
Pengembangan media terdapat 5 tahapan yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3)
Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Penelitian dilaksanakan di
SDN Karang Tempel dan SDN Sambiroto 02 (kelas Ia dan Ib), dari langkah
penelitian tersebut dihasilkan sebuah produk media Buku Aktivitas Peta Si Pintar
berbasis kearifan lokal.
Media Buku Aktivitas Peta Si Pintar berbasis kearifan lokal yang
dikembangkan menunjukan hasil rata-rata dengan skor presentase yaitu hasil rata-
rata uji kevalidan diperoleh dari penilaian ahli media sebesar 96% (sangat baik)
dan penilaian ahli materi sebesar 94% (sangat baik), sedangkan hasil uji
kepraktisan diperoleh dari hasil tanggapan guru sebesar 93% (sangat baik) dan
respon siswa sebesar 96,54% (sangat baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
media dapat digunakan sebagai media alternatif guru dalam pembelajaran,
sehingga siswa tertarik dan termotivasi dalam penggunaan media. Kesimpulannya
media Buku Aktivitas Peta Si Pintar berbasis kearifan lokal sangat layak
digunakan dikelas I tema Kegemaranku.
Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
Media Buku Aktivitas Peta Si Pintar berbasis kearifan lokal dapat menjadi salah
satu pilihan media yang dapat digunakan oleh pendidik dalam mengajarkan materi
tema kegemaranku dan memberi pengealan kearifan lokal khususnya Jawa
Tengah pada kelas I Sekolah Dasar, serta Media Buku Aktivitas Peta Si Pintar
berbasis kearifan lokal dapat dikembangkan menjadi media pembelajaran yang
baru oleH penelitian – penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:30
Last Modified: 18 Nov 2024 02:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7461

Actions (login required)

View Item
View Item