IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LITERASI PADA SEKOLAH PILOTING SD NASIMA KOTA SEMARANG

HARHARA, ANDRE AGGASY (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LITERASI PADA SEKOLAH PILOTING SD NASIMA KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANDRE AGGASY HARHARA.pdf] Text
ANDRE AGGASY HARHARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ANDRE AGGASY HARHARA.NPM 15120129. “Implementasi Program
Penguatan Pendidikan KarakterMelalui Literasi Pada Sekolah Piloting SD Nasima
Kota Semarang”.Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2019
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) Implementasi Penguatan
pendidikan karakter melalui literasi di SD Nasima Kota semarang ; dan (2) faktor
pendukung dan penghambat pelaksanaan Implementasi Penguatan pendidikan
karakter di SD Nasima Kota semarang .
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Pengumpulan
data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen
penelitian menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman
dokumentasi dengan peneliti sebagai human instrument. Analisis data
menggunakan analisis model interaktif dari Miles and Huberman yang meliputi
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pelaksanaan Implementasi
Penguatan pendidikan karakter melalui literasi di SD Nasima Kota semarang
terlaksana melalui ; (a) pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter pada KBM;
(b) kegiatan ekstrakurikuler yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan karakter;
(c) budaya sekolah; dan (2) faktor pendukungnya adalah komunikasi, kerja sama
kepala sekolah dan guru, sosialisasi dewan sekolah dengan masyarakat dan
fasilitas. Faktor penghambatnya adalah pengaruh lingkungan, komunikasi antara
pihak sekolah dengan orang tua, rendahnya kesadaran peserta didik, dan
kurangnya pengawasan. (3 Dampak implementasi penguatan pendidikan karakter
melalui literasi adalah Karakter ialah ketercapaian kejuaraan berbagai lomba
tingkat provinsi, nasional maupun internasional
Kata kunci:, implementasi, penguatan,pendidikan karakter,literasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:29
Last Modified: 18 Nov 2024 02:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7458

Actions (login required)

View Item
View Item