PRATICA, STELLA (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) BERBANTU MEDIA KOMIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
STELLA Pratica.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya kemampuan berpikir kreatif
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan
berpikir kreatif dengan Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu
media komik, Discovery Learning (DL) berbantu media komik, dan pembelajaran
konvensional dengan metode ceramah; (2) kemampuan berpikir kreatif siswa
dengan Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu media komik lebih
efektiv daripada model pembelajaran konvensional; (3) kemampuan berpikir
kreatif dengan Discovery Learning (DL) berbantu media komik lebih efektiv
daripada model pembelajaran konvensional; (4) kemampuan berpikir kreatif
dengan Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu media komik lebih
efektiv daripada Discovery Learning (DL) berbantu media komik; (5) perbedaan
kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan Student Teams Achievement
Division (STAD) berbantu media komik dan Discovery Learning (DL) berbantu
media komik mencapai KKM; (6) ada pengaruh motivasi terhadap kemampuan
berpikir kreatif pada Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu
media komik dan Discovery Learning (DL) berbantu media komik. Populasi
penelitian adalah seluruh kelas VIII di SMP N 5 Petarukan. Melalui cluster
random sampling terpilih sampel penelitian yaitu kelas VIII-H sebagai kelas
eksperimen I, VIII-E sebagai kelas eksperimen II dan VIII-G sebagai kelas
kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi,
observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan
kemampuan berpikir kreatif siswa dengan Student Teams Achievement Division
(STAD) berbantu media komik, Discovery Learning (DL) berbantu media komik,
dan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah; (2) kemampuan berpikir
kreatif dengan Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu media
komik lebih efektiv daripada model pembelajaran konvensional; (3) kemampuan
berpikir kreatif siswa dengan Discovery Learning (DL) berbantu media komik
lebih efektiv daripada model pembelajaran konvensional; (4) kemampuan berpikir
kreatif dengan Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu media
komik lebih efektiv daripada Discovery Learning (DL) berbantu media komik; (5)
perbedaan kemampuan berpikir kreatif menggunakan Student Teams Achievement
Division (STAD) berbantu media komik dan Discovery Learning (DL) berbantu
media komik mencapai KKM; (6) ada pengaruh motivasi terhadap kemampuan
berpikir kreatif pada Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu
media komik dan Discovery Learning (DL) berbantu media komik dengan
persamaan regresinya pada eksperimen I yaitu Y^ = 40,6624888 + 0,6146105X dan eksperimen II yaitu Y^ = 35,979876 + 0,6887577X
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement
Division (STAD), Discovery Learning (DL), Media Komik, dan Berpikir Kreatif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:29 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:29 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7456 |