FITRIYANTI, MELIA (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMILIHAN KARIR SISWA KELAS XI SMK DR.TJIPTO SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
MELIA FITRIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Melia Fitriyanti. NPM 14110135: “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Pemilihan Karir
Siswa Kelas XI SMK Dr. Tjipto Semarang”. Skripsi Program Studi Bimbingan
dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI SemarangTahun2019.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh identifikasi kebutuhan masalah siswa
(IKMS) yang dilakukan peneliti di SMK Dr. Tjipto Semarang. berdasarkan Hasil
identifikasi kebutuhan masalah siswa (IKMS) di SMK Dr. Tjipto Semarang
tanggal 25 Juli 2018 didapatkan hasil antara lain Siswa mengalami permasalahan
mengenai pemilihan karir berkaitan Cara memilih pekerjaaan yang memiliki
prospek bagus di masa depan sebesar 51,7%, orientasi tentang strategi memasuki
pendidikan lanjutan 40,9%, dan cara memilih pekerjaan 41,4%. peneliti kemudian
melakukan wawancara tanggal 24 September 2018 untuk memperkuat data dari
IKMS yang didapati bahwa dari responden yang diwawancarai menyatkan masih
ragu-ragu dalam menentukan karirnya karena belum mendapatkan materi tentang
karir. berdasarkan kurikulum materi tentang karir baru diberikan saat siswa kelas
XII.
Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment yang masuk
pada jenis penelitian kuantitatif.metode true experiment menggunakan model pre-
test post-test control group design. subjek penelitian ini adalah kelas XI TKR A,
XI TITL dan XI TKR B dengan jumlah total 73 peserta didik .sebagai kelas try
out dipilih dengan teknik random sampling yaitu XI TKR A . kelas XI TKR B
berjumlah 22 peserta didik digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI
TITL digunakan untuk kelompok kontrol yang berjumlah 22 peserta didik alasan
pemilihan kedua kelas tersebut karena Skor IKMS tidak terlalu jauh yaitu yaitu
36,4% dan 40,9%.
Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh hasil sebesar 11,676
sementara dengan db = (n1+n2) - 2= (8+8) -2 = 14 dan taraf signifikansi 5%
(0.05) sebesar 2,14479 karena nilai skor lebih besar dari maka Ho
ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemilihan karir siswa antara
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian menunjukan
terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok
terhadap kemampuan pemilihan karir siswa kelas XI SMK Dr. Tjipto Semarang.
saran hendaknya Guru bimbingan dan konseling mampu mengembangkan
pelayanan bimbingan dan konseling bagi siswa secara optimal dengan
penggunaan berbagai metode diantaranya memberikan layanan bimbingan
kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap pemilihan karir siswa.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Diskusi Kelompok Kepemilihan Karir.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:27 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7455 |