PENERAPAN METODE EBI PADA PENGETAHUAN PROSEDURAL MATERI KPK DAN FPB UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PRAMUKTI, ANDITASARI DEWI (2020) PENERAPAN METODE EBI PADA PENGETAHUAN PROSEDURAL MATERI KPK DAN FPB UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANDITASARI DEWI PRAMUKTI.pdf] Text
ANDITASARI DEWI PRAMUKTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Anditasari,“Penerapan Metode EBI Pada Pengetahuan Prosedural
Materi KPK dan FPB untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tahun Pelajaran
2019/2020”, Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I, Ibu Ryky Mandar Sary, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II,
Bapak Sukamto, S.Pd.,M.Pd. Febuari 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah lemahnya
pengetahuan prosedural siswa pada materi KPK dan FPB. Hal tersebut
disebabkan siswa bosan, kurang bersemangat karena kurangnya
pemahaman siswa dalam menerima pembelajaran
Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat
perbedaan pengetahuan prosedural setelah menggunakan metode EBI pada
materi KPK dan FPB siswa kelas IV Sekolah Dasar?. Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui mengidentifikasi ada
atau tidaknya perbedaan pengetahuan prosedural setelah menggunakan
metode EBI pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri
Kebonsawahan 02 Juwana.
Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode pre
Experimental Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD
Negeri Kebonsawahan 02 Juwana Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel yang
diambil adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa dengan
menggunakan Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan
untuk instrumen penelitian adalah tes, wawancara dan dokumentasi.
Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, studi dokumentasi,
dan tes pengetahuan prosedural.
Hasil penelitian yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri
Kebonsawahan 02 Juwana menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
pengetahuan prosedural setelah menggunakan metode EBI pada materi KPK
dan FPB siswa kelas IV.
Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah metode
EBI dapat digunakan sebagai salah satu alternatif cara dalam mengatasi
lemahnya pengetahuan prosedural siswa pada materi KPK dan FPB.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:25
Last Modified: 18 Nov 2024 02:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7454

Actions (login required)

View Item
View Item