HIMAWAN, FARIS (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS JASMANI UNTUK KARAKTER DEMOKRATIS TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA 1 SUMBER ENERGI BAGI SISWA KELAS IV SD. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FARIS HIMAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Faris Himawan. NPM 16120135. “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis
Aktivitas Jasmani Untuk Karakter Demokratis Tema 2 Selalu Berhemat Energi
Subtema 1 Sumber Energi Bagi Siswa Kelas IV”, Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Asep Ardiyanto, S.Pd., M.Or. Pembimbing II Prasena
Arisyanto, S.Pd., M.Pd. November 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih ada peserta
didik yang berdebat karena tidak bisa menerima pendapat dari temannya.
Beberapa peserta didik juga masih ada yang ramai ketika baris untuk melakukan
pemanasan dan ada yang tidak memperhatikan penjelasan guru karena asik
mengobrol dengan teman. Ketika peserta didik dibagi menjadi kelompok ada yang
tidak mau berkelompok dengan yang lainnya dan dia hanya mau berkelompok
dengan teman akrabnya saja.
Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya 1) Bagaimanakah
pengembangan model pembelajaran PJOK berbasis aktivitas jasmani mampu
menanamkan karakter demokratis di sekolah dasar ? dan 2) Bagaimanakah
kelayakan model pembelajaran PJOK berbasis aktivitas jasmani mampu
menanamkan nilai karakter demokratis pada peserta didik ?. Tujuan dalam
penelitian dan pengembangan ini diantaranya 1) Mengetahui pengembangan
model pembelajaran PJOK berbasis aktivitas jasmani yang mampu menanamkan
karakter demokratis di sekolah dasar dan 2) Mengetahui kelayakan pengembangan
model pembelajaran PJOK berbasis aktivitas jasmani yang mampu menanamkan
karakter demokratis pada peserta didik.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research
and development (R&D). pengembangan model pembelajaran berbasis aktivitas
jasmani berbentuk permainan hanya sampai pada tahap kelima yaitu merevisi
hasil uji coba (main product revision). Penelitian dan pengemabangan model
dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Satriyan 02 Batang
Hasil penelitian diperoleh dari validasi model dan materi. Hasil dari ahli
model menunjukan persentase 79% sedangkan hasil ahli materi menunjukan
persentase 82%. Hasil analisis respon guru menunjukan persentase (94%) dan
hasil analisis respon peserta didik dari kelas IV menunjukan persentase (92%).
Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis aktivitas jasmani
berbentuk permainan yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat
Layak” dalam pembelajaran di kelas IV.
Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran berbais aktivitas jasmani
berbentuk permaianan kelas IV dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:24 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:24 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7453 |