PEMANFAATAN PORTAL LEARNING MANAJEMENT SYSTEM (LMS) MOODLE UNTUK MEMBUAT BAHAN AJAR DARING PADA MATERI TEKS EKSPLANASI KELAS XI SMA

MEISAROH, - (2020) PEMANFAATAN PORTAL LEARNING MANAJEMENT SYSTEM (LMS) MOODLE UNTUK MEMBUAT BAHAN AJAR DARING PADA MATERI TEKS EKSPLANASI KELAS XI SMA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of MEISAROH.pdf] Text
MEISAROH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan pendidikan abad 21 tentang
pembelajaran berbasis teknologi dengan menggunakan komputer dan internet
dalam proses pembelajaran. Tuntutan dalam kurikulum 2013 juga membuat
pendidik harus menyesuaikan diri untuk beralih dari pembelajaran dengan model
konvensional menjadi pembelajaran modern. Kurikulum 2013 mencoba
mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Centered
Learning). Dengan adanya sumbangan teknologi dan internet dalam proses
pembelajaran, diharapkan peserta didik dapat memiliki akses belajar yang tidak
terbatas ruang dan waktu.
Portal Learning Manajement System (LMS) Moodle dapat dijadikan
jawaban atas keresahan pendidik menghadapi tantangan pendidikan abad 21.
Moodle juga dapat membantu pendidik untuk membuat bahan ajar yang menarik
dengan fitur yang bergam. Terlebih lagi bila terjadi keadaan darurat seperti
adanya pandemi global terkait merebaknya virus korona (Covid-19) pada tahun
2020, mengharuskan peserta didik untuk belajar dari rumah. Adanya fenomena ini
membuat portal Learning Manajement System (LMS) Moodle dapat dimanfaatkan
pendidik sebagai alternatif dalam membuat bahan ajar daring.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah pemanfaatan
portal Learning Manajement System (LMS) Moodle untuk membuat bahan ajar
daring pada materi Teks Eksplanasi kelas XI SMA? Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pemanfaatan portal Moodle dalam membuat bahan ajar daring
materi teks ekplanasi kelas XI SMA. Objek penelitian ini adalah manfaat portal
moodle untuk membuat bahan ajar daring teks eksplanasi. Data dalam penelitian
ini berupa tangkapan layar bentuk bahan ajar yang dibuat dalam portal Moodle.
Data diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi. Analisis data dalam
penelitian ini dimulai dari reduksi data, display data, dan verifikasi data. Jenis
data yang dihasilkan adalah data kualitatif yang disajikan dalam bentuk analisis
kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah dalam Moodle ditemukan fitur-fitur yang
dapat dimanfaatkan untuk menunjang pembuatan bahan ajar secara daring. Fitur
tersebut antara lain fitur forum, assignment, kuis, chating/pesan, survei, web
conference, feedback and quitionnaire, dan fitur choise. Selain itu, banyak bentuk
modul yang dapat disajikan dalam bahan ajar yang memanfaatkan portal Moodle
ini, yaitu moodul berbentuk buku, modul file, modul URL. Bahan ajar yang dibuat
dengan Moodle dapat menampilkan teks gambar, dan video. Kemudian, dengan
memanfaatkan moodle, pendidik dapat memberi tanggapan secara langsung
terhadap hasil belajar peserta didik. Sedangkan, peserta didik dapat mengakses
materi teks eksplanasi tanpa terbatas ruang dan waktu.
Kata kunci: bahan ajar, e-learning, moodle, pemanfaatan, teks eksplanasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:18
Last Modified: 18 Nov 2024 02:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7447

Actions (login required)

View Item
View Item