NUGRAHA, ANDI SEPTYA (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTU PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SISWA KELAS 4 SD NEGERI 1 KALANGAN BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANDI SEPTYA NUGRAHA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ANDI
SEPTYA
NUGRAHA.
NPM
14120451.
“Keefektifan
Model
Pembelajaran Jigsaw Berbantu Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi
Pecahan Siswa Kelas 4 SD Negeri 1 Kalangan Blora”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Joko Siswanto, S. Pd., M. Pd, Pembimbing II
Veryliana Purnamasari, S. Pd., M. Pd. Tahun 2019.
Latar belakangi yang mendorong penelitian ini adalah permasalahan siswa
yang masih merasa kesulitan dalam pembelajaran matematika, guru yang masih
menggunakan metode yang kurang menarik, cenderung membosankan, dan belum
menggunakan
model
pembelajaran
yang
aktif,
kreatif,
inovatif
dan
menyenangkan. Serta hasil belajar Siswa yang rendah terkait mata pelajaran
matematika materi pecahan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Model Pembelajaran
Jigsaw Berbantu Puzzle Efektif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Materi Pecahan Siswa Kelas 4 SD Negeri 1 Kalangan Blora? Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui Model Pembelajaran Jigsaw Berbantu Puzzle Efektif
dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas 4 SD
Negeri 1 Kalangan Blora.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitaif.
Data dalam penelitian ini berupa angka-angka dan analisa menggunakan statistic.
Desain penelitian ini dalam bentuk adalah Pre-Experimental Design dengan
model menggunakan one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalangan Blora. Sampel yang diambil adalah
seluruh populasi seluruh kelas IV, yang diambil dengan mengunakan teknik
probabilitiy sampling atau sampeling jenug adalah penentuan sampel bila semua
anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian.
Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji normalitas, uji ketuntasan
belajar, dan uji hipotesis (dengan menggunakan Uji t-test). Berdasarkan hasils uji-
t-test antara rerata ,diperoleh hasil sebesar 7,703. Sementara
untuk dengan db = (n1+n2) - 2= (16+16) - 2 = 30 dan taraf signifikansi 5%
(0,05) didapatkan sebesar 1,70. Karena jumlah yaitu 7,703
1,70 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga hipotesis penelitian yang
berbunyi “Ada Keefektifan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantu Puzzle
Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas 4 SD Negeri 1
Kalangan Blora” diterima kebenaranya.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya lebih inovatif dalam mengunakan berbagai model dan media pembelajaran
yang menarik. Penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif guru Sekolah
Dasar dalam memberikan pelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:15 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7445 |