RATNASARI, SRI UTAMI (2019) KEMANDIRIAN TOILET TRAINING ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB PURNAMA SINGOROJO KENDAL TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
sri utami ratnasari.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (687kB)
Abstract
Sri Utami Ratnasari, NPM. 12150032. “Kemandirian Toilet Training Anak Usia 3-4
Tahun Di KB Purnama Singorojo Kendal Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Muniroh Munawar, S.Pi, M.Pd dan Pembimbing II Ismatul Khasanah,
S.Pd.I, M.Pd
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya
kemandirian anak, yaitu anak belum mampu untuk melakukan buang air besar atau kecil
sendiri. Hal ini juga disebabkan karena guru kurang membiasakan anak untuk melakukan
kegiatan Toilet Training dan masih ada orang tua yang menunggu anak di sekolah.
Sehingga kemandirian anak sangat rendah untuk melakukan buang air besar dan buang
air kecil dikarenakan memakai popok sekali pakai, mengompol celana dan juga ada yang
ditunggui oleh orang tua.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemandirian Toilet
Training anak usia 3-4 tahun di KB Purnama Singorojo Kendal tahun ajaran 2019/2020?.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan kemandirian
Toilet Training anak usia 3-4 tahun di KB Purnama Singorojo Kendal tahun ajaran
2019/2020.
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di KB Purnama Singorojo
Kendal yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan
tahun ajaran 2019/2020. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi, Wawancara dilakukan terhadap kepala sekolah dan guru,
sedangkan observasi terdiri dari pengamatan yang dilakukan melalui lembar observasi
sedangkan dokumentasi terdiri dari foto dan video yang diambil pada saat penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak melalui Toilet Training yang
dicapai anak didik lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya. Toilet Training
yang dimasukkan dalam pembelajaran dan melatih tanggungjawab anak dengan
permasalahan dalam kejadian spontan. Dalam hal ini pendidik berperan mengajarkan
anak dari awal, selalu memberikan contoh sikap mandiri, membimbing anak yang belum
mampu melakukan tugas, mengarahkan anak untuk menyelesaikan tugas, mengingatkan
anak yang belum melakukan tugas dan memberikan dorongan kepada anak untuk dapat
melakukan sesuatu.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat isimpulkan bahwa melalui Toilet Training
dapat meningkatkan kemandirian pada anak. Saran yang dapat disampaikan pada orang
tua sebaiknya meneruskan penanaman kemandirian selama anak berada di rumah
disesuaikan dengan yang telah dibiasakan di lembaga melalui cara dengan memberikan
kesempatan kepada anak untuk melakukan sendiri dan tidak selalu melayani anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:13 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7443 |